LCC Pancasila Tanamkan Profil Pelajar Pancasila


Semarang, SEMARANG Post - Hima PKn FIS  UNNES dalam rangkaian kegiatan Bulan Pancasila XI selenggarakan Lomba Integralistik Cerdas Cermat Pancasila dan UUD 1945 SMA Sederajat.

Lomba tingkat Nasional ini diikuti 27 sekolah di seluruh Indonesia bertema “Revitalisasi Semangat Pancasila Bagi Generasi Muda Untuk Menghadapi Era Society 5.0.” 

Usai melewati babak penyisihan secara daring pada 20 Mei 2023, terpilih delapan tim terbaik, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan A, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan B, SMA Taruna Nusantara, SMA Yasporbi Jakarta, SMAN 1 Ungaran, SMKN 7 Semarang, SMAN Sumber Cirebon, dan SMAN Randubelatung. 

Pada babak delapan besar, terbagi dua ronde, mempertemukan SMAN 1 Randublatung, SMAN Sumber Cirebon, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan A, dan SMKN 7 Semarang. Pada ronde kedua mempertemukan SMAN 2 Kota Tangerang Selatan B, SMAN 1 Ungaran, SMA Taruna Nusantara, dan SMA Yasporbi Jakarta.

Berdasarkan penilaian dewan juri serta ketelitian pengawas, diperoleh empat tim masuk ke babak final yaitu SMAN Randublatung, SMAN Kota Tangerang Selatan A, SMA Taruna Nusantara dan SMAN 1 Ungaran.

Usai persaingan sengit, juara 1 diraih oleh SMAN 1 Randublatung, Juara 2 SMAN 1 Ungaran, Juara 3 diraih  SMA Taruna Nusantara, dan Juara Harapan 1 diraih SMAN 2 Kota Tangerang Selatan .

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta luar biasa yang telah berprestasi.Semoga dengan diadakannya acara ini mampu memotivasi kalian semua untuk tetap terus belajar lebih baik kedepannya. Terlebih lagi mampu menciptakan karakter yang cinta Tanah Air.” Tutur Muhamad Daffa selaku Ketua Pelaksana kegiatan

NoorochmatIsdaryanto S.S., M.Si.Kepala Laboratorium PKn UNNES mewakili Dekan Fakultas Ilmu Sosial berharap dengan diadakannya Bulan Pancasila yang secara rutin dilakukan sejak tahun 2012 mampu membantu sekolah dalam mewadahi potensi yang para siswa miliki, khususnya mampu menciptakan peserta didik yang berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila.

“Bulan Pancasila merupakan program yang diselenggarakan setiap tahun. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meciptakan karakter pelajar yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Dan membawa para peserta didik untuk mencintai tanah airnya dan mengimplementasikan sikap-sikapnya dalam kehidupan sehari-hari.”  Ujarnya.

Kontributor: Div.Hum Bulan Pancasila XI
Editor: Tono Rst
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS