Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Pengabdi Teknik Mesin Polines Serahkan Alat Pemroses Cairan Sabun

Rabu, 05 Januari 2022 Last Updated 2022-01-28T03:47:07Z

 

Semarang, SEMARANG Post - Program pengabdian kepada masyarakat kompetitif  Politeknik Negeri Semarang (POLINES) merupakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi Vokasi setiap  tahun yang dikompetisikan antar dosen dan dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) POLINES. 


Salah satu hasil karya tim dosen yang terdiri dari Ingatius Gunawan Widodo,S.T., M.T., Ir. Riles M Wattimena, M.T., Eni Safriana, S.T., M.Eng. dari Jurusan Teknik Mesin berupa mesin pengaduk cairan bahan sabun dan pembersih dikontribusikan kepada pelaku UKM Kilowash Chemical guna memaksimalkan hasil produksi sekaligus meningkatkan pendapatan.


Kilowash Chemical yang berlokasi di Kerban Kelurahan Harjosari Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang, awal proses produksinya hanya mengandalkan sistem manual yaitu mengaduk dengan tangan menggunakan kayu pengaduk pada ember yang berisi bahan cairan, produksi ini hanya mampu menghasilkan 100 liter per hari dengan tiga kali proses pengadukan. 


Setelah menggunakan mesin pengaduk hasil karya tim dosen Jurusan Teknik Mesin Polines, Kilowash Chemical mampu memproduksi cairan bahan sabun dan pembersih dengan kapasitas 450 liter per hari dalam satu kali pengadukan. 


Secara teknis, mesin tersebut memiliki tiga buah drum dengan masing-masing drum berkapasitas 150 liter bahan pencampur cairan yang dilengkapi tiga pengaduk , sehingga hasil produksi yang diperoleh adalah 150 liter deterjen, 150 liter cairan pembersih dan 150 liter cairan softener. 


"Kilowash Chemical melayani kebutuhan produk cairan yang digunakan oleh usaha kecil menengah laundry untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Kabupaten Semarang, Demak dan kudus" tutur Agus Riyadi selaku pemilik Kilowash Chemical. 


Melangkapi keterangannya dan terdukung inovasi dari tim P3M  jurusan Teknik Mesin Polines, Agus Riyadi mengatakan bahwa pihaknya akan memperluas target pasarnya ke wilayah lain, seperti kota Salatiga, Boyolali dan Kendal. Selain itu, Agus Riyadi juga sudah mengagendakan untuk menambah karyawan dan staff marketing dari dari lingkungan desanya guna mendukung pengembangan usahanya. 

     

Dengan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi Vokasi ini, sub pengabdian kepada masyarakat  untuk kedepannya semakin banyak Usaha mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  dapat terbantu oleh hasil karya dari mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Mesin Polines yang terus mengembangkan program Teknologi Tepat guna bagi masyarakat.


Kontributor: Ingatius Gunawan Widodo,S.T., M.T. dan Tim P3M Polines, Jurusan Teknik Mesin
Editor: Anast