Nusantara Nama Ibu Kota Negara Baru

Foto/Doc:cnbc.indonesia.com

Jakarta, SEMARANG Post - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa secara resmi memaparkan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru  yang terletak di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur., yaitu Nusantara.


Nama Ibu Kota tersebut ialah Nusantara. Nama itu juga dipilih langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat 14 Januari 2022, pekan lalu.


"Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden (Jokowi) itu pada hari Jumat lalu dan beliau mengatakan ibukota negara ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN pada Senin 17 Januari 2022.


Menurut Suharso, alasan mengapa Nusantara yang menjadi nama IKN,  Nusantara dinilai sudah dikenal sejak dulu dan ikonic di internasional.


"Mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ungkapnya.


Nusantara adalah sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi, di mana terdapat banyak pulau-pulau dan disatukan oleh lautan.  Hal ini, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Dari situ pula, terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis, imbuhnya.


"Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi," tandas Suharso.


Namun, belum diputuskan secara rinci apakah nanti IKN Nusantara  akan berbentuk kota atau provinsi. Sehingga belum ditentukan pemimpinnya apakah Bupati atau Gubernur.. Yang pasti, pemimpinnya akan setara dengan menteri yang dipilih dan dihentikan langsung oleh Presiden dengan masa jabatan lima tahun.


Pewarta: Anast
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS