Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dan Karang Taruna Purwoyoso Gelar Donor Darah

 

Semarang, SEMARANG Post- Berkolaborasi dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang, Karang Taruna Kelurahan Purwoyoso gelar kegiatan Donor Darah bersama Palang Merah Indonesia(PMI) Kota Semarang pada Minggu 18 Oktober 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Purwoyoso tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan Karang Taruna setiap dua bulan sekali.

“Tujuan dilakukan kegiatan donor darah ini untuk membangkitkan karang taruna agar lebih peduli terhadap lingkungan dan membantu PMI agar tidak kekurangan persediaan darah sebagai kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar” ujar ketua pelaksana kegiatan, YayanEfendi.

Menurut Yayan, antusias masyarakat pada kegiatan tersebut sangat baik namun hal tersebut terkendala dengan ketersediaan tempat, sehingga untuk kedepannya pihak karang taruna akan menyiapkan ketersediaan tempat yang lebih nyaman lagi.

Pada kesempatan yang sama, Patrick Bagus Yudisthira selaku Kepala Kelurahan Purwoyoso,menyambut kegiatan donor darah ini dengan positif dan sangat mendukung.

“Saya sendiri sangat mendukung adanya kegiatan donor darahini, kebutuhan darah di PMI semakin hari makin banyak, jangan sampai dengan adanya Covid-19 ini harus mematikan kegiatan masyarakat. Selama masih menggunakan protokol kesehatan dan tidak ada titik penularan di wilayah tersebut. Maka, kegiatan masyarakat masih bisa dilakukan apalagi mengenai donor darah ini.” jelasnya.


Sedangkan PMI melalui keterangan Dwi Yuliani, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara kegiatan donor darah Keluranan Purwoyoso, karena dengan adanya kegiatan ini PMI merasa sangat terbantu untuk menambah stok darah yang semakin hari semakin menipis.

“Disaat pandemi seperti ini banyak orang-orang yang takut melakukan donor darah dikhawatirkan mereka tertular Covid-19. Tetapi, donor darah pada masa pandemi itu aman-aman saja untuk dilakukan, karena penularan Covid-19 tidak melalui trasfusi darah.” Ujar Dwi Yuliani.

Kontributor:An Anis Fitria (Mahasiswi UIN Walisongo Semarang)

Editor: Rustono

Lebih baru Lebih lama