Sawah Kakung, Agrowisata Penopang Kemandirian Pangan


Magelang, SEMARANG Post - Sawah Kakung di  Magelang, Jawa Tengah menjadi magnet baru bagi wisatawan yang ingin mencari pengalaman agrowisata unik. 

Destinasi Sawah Kakung tak hanya menawarkan pemandangan alam memukau,  namun juga menopang kemandirian pangan melalui 80 kolam ikan yang dikelola kelompok tani setempat serta rumah makan yang memasak olahan ikan segar langsung dari kolam.

Perintis Sawah Kakung adalah Didik Heriyantoro, warga Desa Bojong Kojor, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sebelumnya lebih dulu dirinya menekuni budi daya ikan dengan bioflok. 

“ Kunci sukses budidaya ikan adalah menekan biaya pakan. Metode bioflok, mengubah sisa pakan jadi makanan ikan kembali,“ papar Didik berbagi kiat suksesnya dalam budidaya ikan. 

Restoran Sawah Kakung letaknya berdampingan dengan Taman Athena,  tempat dimana Didik membudidayakan kebun durian
di pinggiran area restoran. 

“ Kami ciptakan menu baru, yaitu ikan nila bakar durian, ikan gurame bakar durian, dan ada juga nasi goreng durian. Durian dan ikannya kami ambil langsung dari kebun dan kolam kami,“ urai Didik.

Tak hanya bersantap, di Sawahkangkung pengunjung bisa melihat-lihat kolam-kolam ikan yang dikelola masyarakat setempat. Keberagaman ikan bisa dilihat secara langsung di dalam air jernih.

Budidaya perikanan di agrowisata Sawah Kakung juga memiliki peran penting dalam mendukung kemandirian pangan. 

“Melalui pengelolaan kolam ikan yang berkelanjutan, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam menyediakan sumber pangan lokal yang berkualitas,“ kata Didik. 

Pendekatan pertanian yang ramah lingkungan di Sawah Kakung, tidak hanya mendukung kemandirian pangan, tetapi juga memberikan best practice untuk pertanian lainnya. Oleh karena itulah, destinasi agrowisata Sawah Kakung juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang pertanian berkelanjutan dan budidaya ikan. 

Mereka dapat mengikuti tur peternakan ikan, berpartisipasi dalam workshop, atau memancing di kolam yang disediakan. Pengalaman ini memberikan wawasan mendalam tentang proses pertanian dan pentingnya praktik pertanian yang berkelanjutan.

Dengan keindahan alamnya, kelezatan kuliner ikan segar, serta komitmen terhadap kemandirian pangan, Sawah Kakung di Magelang selain menjadi destinasi agrowisata juga tempat menikmati liburan mengesankan, serta turut serta dalam mendukung keberlanjutan pertanian dan kemandirian pangan lokal.

Kontributor: Kastara Indonesia
Editor: Alfianto

Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS