Tim Pengabdi Masyarakat FTIK USM Gelar Pelatihan Fotografi Produk


Semarang, SEMARANG Post - Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dr. Yulianto Budi S.,M.Si. Fajriannoor Fanani, M.I.Kom dan Kharisma Ayu F.M.I.Kom selaku dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan kegiatan pelatihan Fotografi produk pada Komunitas Pengrajin Batik di Kampung Tematik, Durenan Indah, Semarang.

Bertempat di Sanggar Batik Durenan Indah, kegiatan pelatihan diikuti sekitar 15 Ibu-Ibu anggota komunitas Pengrajin Batik Durenan Indah. Semangat mengikuti pelatihan sangat tinggi, seperti Sugiyati meski usianya sudah lebih dari 50 tahun namun dirinya antusias melontarkan pertanyaan seputar fotografi produk.

Ning Nyi Chrisna Ketua Komunitas Batik tematik di Durenan Indah, menjelaskan bahwa para peserta sangat antusias dengan kegiatan tersebut dan berharap akan ada pelatihan lanjutan yang diselenggarakan FTIK USM. 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada komunikas batik tematik ini membahas materi komposisi dasar pengambilan gambar fotografi, seperti rule of third, golden ratio, golden triangle dan simetris. 

Sedangkan komposisi lanjutan pengambilan gambar yang digunakan golden shape, leading lines, rule og space, rule of odds, left to right rule hingga negative space. 

Dari komunitas batik di Durenan Indah, tim pengabdian melihat peluang dalam mengkaji bagaimana peran masyarakat dapat menggunakan fotografi produk. 

Teknologi pada bidang komunikasi merupakan faktor penunjang komunikasi pemasaran, karena saat ini pemasaran tidak sebatas konvensional, namun memanfaatkan teknologi fotografi produk yang lebih mudah dan cepat sebagai sarana informasi dan promosi.

Kontributor: Kharisma Ayu F.
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS