Kuliah Kolaborasi Mahasiswa Stikosa-AWS dan Unair di Suara Surabaya


Surabaya, SEMARANG Post - Sebanyak 75 orang mahasiswa Fisip Unair dan Stikosa-AWS ikuti kuliah kolaborasi di kantor pusat Suara Surabaya Media, Jl. Raya Bukit Darmo 22-24, Sukomanunggal Surabaya pada Kamis 2 Maret 2023. 

Para mahasiswa melihat secara langsung proses siaran radio Suara Surabaya FM dan berdialog dengan tim redaksi suarasurabaya.net, tim media sosial juga tim grafis.

Pada kesempatan tersebut mereka mendapat wawasan tentang industri media massa radio dari Eddy Prastyo selaku Manager Produksi Suara Surabaya.

Menurut Dr Sukowidodo, dosen mata kuliah Industri Media Massa FISIP Unair, acara kunjugan ke industri media merupakan salah satu implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Mendikbudristek, Nadiem Makarim. 

“Pembelajaran tidak hanya di bangku kuliah, namun juga melihat langsung dunia industri media di lapangan, sehingga mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam mengelola media massa” ujarnya. 

Melalui kuliah kolaborasi ini, Sukowidodo berharap dapat terjadi saling sinergi antara mahasiswa Fisip Unair dan Stikosa-AWS, imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Dr Jokhanan Kristiyono, ST, M.MedKom dosen matkul Konvergensi Media Stikosa-AWS. Menurut Jokhanan, Suara Surabaya adalah tempat yang baik untuk belajar sistem manajemen media massa yang berkembang di era digital ini. 

"Perusahaan media ini juga mempunyai unit Riset & Development " ujar Wakil Ketua 1 Stikosa-AWS ini.

Pada acara kuliah kolaborasi yang juga dihadiri Ketua Stikosa-AWS, Dr Meithiana Indrasari, ST, MM, dan sejumlah dosen Stikosa-AWS tersebut, para mahasiswa antusias melihat dan bertanya langsung dengan penyiar maupun awak produksi Suara Surabaya Media. 

“Tadinya saya berpikir radio itu cuma sekedar bagaimana cara menyampaikan informasi, namun ternyata banyak juga ilmu yang harus kita punya untuk menjadi seorang programer maupun penyiar” ujar Ningsa mahasiswa Unair. 

Sedangkan Tiko, mahasiswa Stikosa-AWS, mengaku terkesan dengan kerjasama tim dalam menghasilkan program acara yang bagus.

Kontributor: Sasetya Wilutama
Editor: B. Rustono
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS