Tim PKM FTIK USM Gelar Pelatihan Desain Anggota KOPIMI


Semarang, SEMARANG Post - Dosen Universitas Semarang (USM) Tingkatkan Kreatifitas Desain untuk koperasi dan UMKM Menggunakan Smartphone.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) menggelar suatu kegiatan di GERAI KOPIMI (Gerakan Masyarakat Koperasi dan UMKM Semarang Indonesia) yang bertempat di Kantor Kecamatan Semarang Selatan berupa kegiatan untuk memberikan suatu pelatihan desain produk menggunakan aplikasi Canva.

Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa yaitu Saifur Rohman Cholil, M.Kom, Dr. Titin Winarti,S.Kom.,M.M,  Rastri Prathivi, S.Kom.,M.kom dan Aprillia Yayang Sari serta Amelia Ulfi Nabila sebagai mahasiswa  pendamping. 

“Dilibatkannya mahasiswa di sini bertujuan agar mahasiswa nantinya memiliki mutu saat benar-benar terjun kemasyarakat, dengan harapan mahasiswa ini dapat menerapkan serta menyalurkan ilmu yang didapat kemasyarakat yang lebih luas.” ungkap Saifur Rohman Cholil, M.Kom.

Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 dengan peserta anggota gerai KOPIMI Kota Semarang dari berbagai jenis usaha yang berbeda, seperti makanan, pakaian, kerajinan tangan dan jasa. 

Alasan tim pengabdian memilih aplikasi Canva sebagai platform pembuatan sebuah desain adalah Canva merupakan aplikasi  yang sangat mudah di duganakan bahkan untuk pemula dan tidak berbayar. 

“Saya sangat antusias dan senang dengan diadakannya pelatihan ini karena dapat melakukan desain secara simpel, praktis dan mudah. Selain itu kami mendapatkan modul tata cara penggunaan aplikasi Canva sehingga bisa  berlatih sendiri setelah pelatihan dilaksanakan " jelas Sri Winarti salah satu peserta pelatihan. 

Sebagai pelaku Mitra Koperasi dan UMKM lebih mudah dalam melakukan pemasaran produknya, imbuh Sri Winarti.

Beberapa alasan kenapa tim pengabdian memfokuskan pada sebuah desain pemasaran produk yang baik dan benar di pasaran saat ini.

  • Meningkatkan citra perusahaan atau produsen.  Dapat membuat sebuah perbedaan di pasar dan meningkatkan komunikasi lebih terhadap target pelanggannya.
  • Menciptakan nilai lebih. Dapat membuat sebuah perbedaan dengan produk sejenis ,sehingga biasanya pemilik desain yang lebih baik akan lebih di minati.
  • Meningkatkan daya saing. Produk dengan desain yang baik dapat kompetitif dan bersaing dengan produk lain serta membantu strategi komunikasi.
  • Meningkatkan pendapatan. Desain yang menonjol turut serta dalam membangun kepercayaan konsumen sehingga konsumen enggan untuk perpaling dan hal ini akan menguntungkan produsen agar tetap stabil bahkan meningkat.

Kontributor: Aprillia Yayang Sari
Editor: B. Rustono
Lebih baru Lebih lama