Jelajah Wisata Mangrove Pandansari

Foto/Doc:travelspromo.com

Brebes, SEMARANG Post -Bicara kota Brebes tidak bisa lepas dari produk andalan Telor Asin. Selain memiliki makanan yang  populer dan digemari, Brebes juga memiliki destinasi ekowisata hutan Mangrove Pandansari, Kaliwlingi,Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah  

Ekosistem mangrove merupakan komunitas tumbuhan atau hutan yang mampu beradaptasi terhadap salinitas dan pasang surut.  Ekowisata berbasis konservasi seperti Pandansari  dapat mengoptimalkan potensi ekosistem mangrove sebagai  pelestarian ekologi sekaligus menciptakan kawasan wisata pesisir yang bernilai ekonomi. 

Pandansari menjadi lokasi ekowisata, berawal dari terjangan abrasi pada tahun 1990. Warga Desa Pandansari kemudian melakukan operasi penyelamatan pantai dengan menanam pohon mangrove untuk mencegah terjangan tidak terulang kembali.

Menyusuri kawasan ekowisata Pandansari,  diperlukan waktu sekitar seharian karena lokasinya yang cukup luas. Namun tidak usah khawatir, karena  ekowisata Pandansari menyediakan  wahana yang mampu menghalau penat selain menambah wawasan.

Antar wahana ke wahana yang lain terlihat beragam slogan, berisi ajakan  menjaga dan mencintai lingkungan. Tidak mustahil jika hutan mangrove Pandansari disamping fungsinya sebagai penahan abrasi juga sebagai destinasi wisata edukatif yang menuturkan pentingnya menjaga kelestarian alam. 

Dengan banyaknya isu lingkungan,  program penanaman dan budidaya mangrove terus ditingkatkan. Banyak yang berpendapat bahwa mangrove adalah tempat hidup banyak makhluk hidup.  Karena tak hanya manusia saja yang mendapat manfaat dari adanya hutan mangrove ini, tapi juga makhluk hidup lainnya.

Jerih usaha  warga sekitar dan  kerjasama dari pemerintah setempat , pada tahun 2017 kawasan wisata Pandansari  menerima penghargaan Kalpataru.


Pewarta: Novi Dwi R
Editor: Iwan Alfianto
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS