Notification

×

Iklan

Iklan

Dalang Kondang, Ki Manteb Soedharsono Tutup Usia

Jumat, 02 Juli 2021 Last Updated 2021-07-08T03:58:55Z


Surakarta, SEMARANG Post - Kabar duka datang dari dunia pewayangan Tanah Air. Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono tutup usia pada Jumat 2 Juli 2021 pukul 09.45 WIB.


Didik Setyawan, yang dalam bio akunnya menulis sebagai pemain gamelan, mengunggah kabar  di akun Twitternya. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, sugeng tindak sang maestro dalang, Husnul Khotimah..Amin YRA," tulisnya. 


Ki Manteb Soedharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948, dalang terkenal dari Jawa Tengah ini mendapat julukan dalang setan lantaran kehebatannya memainkan tokoh wayang. Sabetannya saat memainkan wayang itu amat kuat. 


Dalam kiprahnya, Ki Manteb Soedharsono didunia pewayangan  dianggap sebagai sosok yang memiliki rasa Nasionalis tinggi dan juga sebagai pelopor perpaduan harmoni seni pedalangan, gending dan tembang yang bisa dinikmati pada setiap pementasannya. Selain itu, Ki Manteb Soedharsono adalah sosok guru dan seniman yang tidak membada-bedakan antara gaya pedalangan di tanah air. 


Dalam dunia pewayangan, Ki Manteb Soedharsono telah mewakili Indonesia di UNESCO. Dari seleksi tersebut akhirnya pada tanggal 7 November 2003, PBB melalui UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia. Setelah 15 tahun berjuang bersama Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) akhirnya pada tanggal 17 Desember 2018 ditetapkan sebagai hari Wayang Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sampun kapundut wonten ngarsanipun gusti Allah SWT, alm Bp. Ki  Manteb Soedharsono "


Pewarta: Tono RST
Editor: B.Rustono