Transformasi Digital Inklusif Wujudkan Penyandang Disabilitas Bersaing di Era Digital


Purbalingga, SEMARANG Post - Era digital berkembang pesat namun harus dipastikan tidak melupakan penyandang disabilitas sebagai kelompok rentan. 

transformasi digital inklusif dapat mewujudkan penyandang disabilitas berdaya saing secara berdaya dan mandiri, seperti ditegaskan oleh Mukhanif Yasin Yusup, Direktur Difapedia dalam sambutan workshop "Transformasi Digital yang Inklusif Untuk Mewujudkan Penyandang", pada Minggu 17 Maret 2024 di Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

 "Dengan adanya workshop ini dapat memberikan manfaat kepada penyandang disabilitas dalam memahami pentingnya sektor digital untuk advokasi, branding, dan pemberdayaan ekonomi dan sosial" terang Mukhanif.

Penyandang disabilitas dapat memiliki kompetensi  dalam memanfaatkan sektor digital untuk  pemberdayaan diri secara mandiri dalam mewujudkan masyarakat yang Inklusi, imbuh Mukhanif.

Acara yang diselenggarakan Difapedia dan didukung Siberkreasi dan Kementerian Kominfo ini diikuti oleh 110 penyandang disabilitas dari Purbalingga, Banyumas dan Pemalang,

Sedangkan Abdurrahman Hamas Nahdly selaku Wakil Ketua Umum Siberkreasi menegaskan bahwa dengan posisi disabilitas yang masih terpinggirkan harus bisa memanfaatkan era digital secara kritis. Tidak terjebak pada disinformasi, hoax dan sejenisnya. 

"Selain persoalan kemanan data, literasi digital dan kebijakan yang inklusif perlu ditingkatkan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses informasi secara aman dan terpilah" lanjut Hamas. 

Sementara itu, Eni Sosiatman, Kepala Dinas Sosial Purbalingga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan workshop yang dilakukan oleh Difapedia mengenai literasi digital.

"Adanya kegiatan ini dapat membantu menyadarkan masyarakat untuk lebih kreatif, terampil, dan kompeten dalam memanfaatkan digital"  terang Eni. 

Selain Abdurrahman Hamas Nahdly, acara yang dilangsungkan dengan Buka Bersama (Bukber) ini menghadirkan Irfan Bahtiar selaku Content Creator dan Wahyu Budi Utami, pelaku UMKM yang mensinergikan sektor digital untuk pengembangan usahanya.

Kontributor: Mukhanif Yasin Yusuf
Editor: Tono RST
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS