World for Ganjar-Mahfud, Warung D3mokrasi


New York, Amerika Serikat, SEMARANG Post - Diaspora Indonesia di berbagai penjuru dunia menyatakan dukungannya pada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Sejak Mei 2023, melalui wadah "World for Ganjar-Mahfud”, telah aktif galang dukungan melalui kegiatan sosial dan diskusi politik.

Salah satu inisiatif utamanya adalah "Warung D3mokrasi", tempat berkumpul dan berdiskusi sambil menikmati makan bersama. Ini merupakan bagian dari kegiatan "Warung Mas Ganjar", serangkaian acara yang telah diselenggarakan pada Desember 2023 di seluruh dunia.

"World for Ganjar-Mahfud, sejak Mei 2023 mengadopsi konsep "warung" yang terinspirasi kebiasaan Ganjar Pranowo yang sering sarapan di warung setelah jalan pagi" jelas Lia Sundah Suntoso dan Kevin Herjono, Ketua dan Wakil Ketua TPLN Amerika Serikat

Kevin menekankan bahwa konsep ini mencerminkan kebudayaan Indonesia dan menandakan gaya kepemimpinan yang dekat dengan rakyat. 

“Setelah jalan pagi, Mas Ganjar biasa sarapan di warung. Warung adalah juga bentuk perwujudan kebudayaan Indonesia dari Aceh sampai Papua ada warung,” ujar Kevin.

Menurut Kevin, lari pagi sebagai kebiasaan Ganjar selaras dengan kampanyenya saat ini yang mengusung tagline Bersih, Sehat, Sederhana, dan Merakyat. 

“Ganjar-Mahfud itu adalah representasi pemerintahan ke depan yang bersih, yang dipimpin oleh orang-orang yang memang demikian, bukan merakyat untuk gimmick saja,” pungkas Kevin.

Kairo, Mesir. Kegiatan Warung D3mokrasi telah digelar diaspora Indonesia di Mesir, yang sebagian besar dimotori oleh mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo. Dalam kegiatan yang digelar di Kairo pada Jumat 15 Desember 2023, mereka secara resmi menyatakan dukungan pada Ganjar-Mahfud

Syadzila Rizqy Al-Anhar, mahasiswa yang menjadi inisiator kegiatan, mengungkapkan bahwa di antara semua kandidat, Ganjar dan Mahfud menonjol dengan rekam jejak dan ide-ide mereka yang paling lengkap. 

"Kami melihat Ganjar sebagai penerus ideal Presiden Jokowi. Keduanya lahir dari keluarga sederhana dan berproses serta ditempa dari bawah. Kami yakin, penerus Jokowi itu ya Pak Ganjar, bukan yang lain,” tukas Syadzila.

Tunis, Tunisia. Di Tunis, Tunisia, komunitas WNI setempat membuka Warung D3mokrasi sebagai bentuk dukungan mereka terhadap Ganjar-Mahfud. Ketua Umum Afrika for Ganjar-Mahfud, Nata Sutisna mengatakan bahwa Warung D3mokrasi bukan hanya sebuah tempat berkumpul, tetapi juga platform untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya kepemimpinan yang berpengalaman dan berwawasan luas.

Nata menyatakan, Ganjar dan Mahfud adalah sosok yang berproses serta ditempa dari bawah. Sebab itu, kami percaya mereka berdua sangat paham dengan persoalan rakyat dan tentu sangat dekat dengan rakyat. Kepercayaan ini didasarkan pada rekam jejak dan pengalaman keduanya, yang menurut Nata, sangat penting dalam memimpin Indonesia.

Nata juga mengajak seluruh WNI di Timur Tengah dan Afrika untuk berkolaborasi dalam memastikan bahwa pemilu 2024 menjadi momentum penting agar demokrasi Indonesia naik kelas. 

"Pemilu ini tidak hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas demokrasi kita dari sekedar prosedural menjadi substansial,” kata Nata.

Amerika Serikat,  Pleasant Valley, Upstate New York, ditengah suasana hujan deras, komunitas Indonesia berkumpul dalam sebuah diskusi tentang situasi demokrasi di Indonesia. Acara ini digagas Ben Saputra dan Irwan Rustiawan, rekan sekolah Ganjar Pranowo. Mereka menyoroti peran penting diaspora dalam membahas dan memahami dinamika politik di tanah air. 

Ed Meranda, salah satu peserta, mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi Indonesia bergeser ke arah rezim otoritarian. Ed menekankan harapannya agar kandidat pro-demokrasi menang dalam pemilu mendatang. 

“Rezim otoritarian tidak akan ada yang bertahan lama dan hati-hati karena rejim seperti inilah yang akan disesali oleh seluruh rakyat,” ungkap Ed.

Charles Berghorn, seorang konsultan senior, menyatakan keprihatinan atas tergerusnya penerapan konstitusi di Indonesia. Ia membandingkannya dengan apa yang terjadi di AS. 

“Di Amerika, konstitusi adalah dasar segalanya, fondasi kehidupan bernegara, dan pertahanan terpenting. Oleh karena itu, penting memastikan pemilu yang jujur yang adil sebagai mekanisme untuk menentukan pemerintahan yang kredibel,” tegas Charles. 

Warung D3mokrasi juga digelar di Santa Fe, New Mexico. Dimotori oleh John Wantania, seorang chef asal Minahasa Utara, acara dihadiri oleh 20-an warga. John telah aktif mendukung Ganjar di Minahasa Utara sebelum hijrah ke Amerika. 

“Kami di sini mendukung penuh Ganjar-Mahfud, tidak peduli siapa pun yang mencoba mempengaruhi kami,” tegas John.

Sementara itu, di Pittsburgh, Pennsylvania, Warung D3mokrasi dihadiri oleh sekitar 50 warga setempat. Pribadi Kardono, seorang pakar keamanan siber di AS menjadi penggagas acara. Pribadi menyoroti pentingnya pemimpin seperti Ganjar - Mahfud dalam menghadapi tantangan global, terutama dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi Gen-Z dan menstabilkan harga kebutuhan pokok. 

"Tantangan bagi Indonesia ke depan adalah menciptakan tenaga kerja yang kompetitif secara global. Saya berharap program seperti SMK gratis Mas Ganjar dapat diterapkan secara nasional," ujar Pribadi. 

Pribadi juga menambahkan peningkatan kualitas SDM jadi kunci agar Indonesia berdaya saing dengan negara lain. Ia kemudian membandingkan kualitas SDM Indonesia dengan Filipina.

“Dari Filipina, banyak dikirim kemari (Amerika Serikat) tenaga kerja perawat. Dari India, banyak yang terlibat di industri komputer dan peranti lunak. Pasar terbuka luas bagi SDM Indonesia, semua terserah kita yang menindaklanjuti, mau bidang apa yang kita kuasai” jelasnya. 

Pada bulan Desember 2023 ini, Warung D3mokrasi akan terus diadakan di 35 titik di seluruh dunia. Sampai Februari 2024 mendatang, sudah ada 35 lokasi yang terkonfirmasi akan menggelar Warung D3mokrasi di Asia, Australia, Eropa, Amerika, dan Afrika. 

Kontributor: Rifqi Mufid/TPLN/USA
Editor: Alfianto
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS