Aksi Nyata Mahasiswa Ilkom USM di Desa Baran Gunung

 


Semarang, SEMARANG Post - Pendampingan Pembuatan Logo dan Desain Kemasan sebagai Visual Branding dilaksanakan pada Minggu 18 Desember 2022 oleh Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) sebagai bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Home Industry Makanan Ringan di Desa Baran Gunung, Kecamatan Ambawara, Kabupaten Semarang.

Kegiatan pendampingan melibatkan delapan mahasiswa Ilkom USM, diikuti sembilan peserta pelaku Home Industry. Dalam kegiatan tersebut, peserta disamping belajar juga konsultasi terkait logo dan desain kemasan sebagai visual branding yang sesuai dengan usaha mereka.

" kegiatan ini sebagai aksi nyata dari mahasiswa ilkom mata kuliah Komunikasi Pembangunan terjun langsung ke masyarakat memberikan pendampingan. Pelatihan yang diharapkan dapat membantu para pelaku home industry untuk dapat bersaing di dunia pasar yang lebih luas " tutur Dela Nor Cahya selaku Ketua pendampingan.

Pada kesempatan yang sama, Yoma Bagus Pamungkas selaku dosen Ilmu Komunikasi, dalam penyampaian materinya memaparkan logo dan desain kemasan adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh pelaku usaha selain meningkatkan penjualan juga sebagai identitas usaha tersebut.

“Logo merupakan simbol atau lambang dari suatu produk yang harus dimiliki setiap usaha khususnya UMKM. Selain meningkatkan penjualan juga menjadi identitas dari suatu usaha " Papar Yoma

Riska, selaku ketua pengurus home industry dan pemberi izin kegiatan pendampingan pelatihan mengungkapkan rasa senangnya karena sebelumnya belum ada yang bersedia memberikan pelatihan logo dan desain kemasan untuk pelaku home industry di Desa Baran Gunung. 

“Pelaku home industri bisa terbantu dibuatkan desain logo, agar tampilan logo lebih menarik dan mendapatkan ilmu dan memahami pentingnya brand, pada produk agar dapat meningkatkan penjualan.“ ujarnya

Kontributor: Dwiyoga Taufan Bintarajaya
Editor: B. Rustono
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS