Senam Lutut, Fisik Lansia Terjaga


 

Semarang, SEMARANG Post -  Penurunan fungsi organ , kondisi fisik, psikologis dan sosial menjadi salah satu penanda pada usia Lansia. 

Kurangnya beraktivitas fisik dan sosial menjadikan otot dan sendi kaku. Menangkap permasalahn ini, Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeritas Negeri Semarang (Unnes) selenggarakan  kegiatan  Senam Lutut Lansia di Lapangan Banyumanik, Semarang. 

Pada kesempatan tersebut, Tim Pengabdi Masyarakat Unnes mengajak warga lansia di wilayah Kelurahan Banyumanik selain bersenam juga  menjaga pola hidup sehat dalam rangka menunjang peningkatan aktivitas fisik masyarakat untuk menghambat penurunan fungsional tubuh dan penyakit degenerative.

Selain kegiatan senam juga dilakukan pemeriksaan ambang nilai laboratorium meliputi, tekanan darah, penimbangan berat badan , tinggi badan, pengecekan kadar gula darah sewaktu, asam urat dan kolesterol.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan Gerakan Minum Susu Kambing bersama yang terlihat manfaatnya akan dan aman dipencernaan.

“ Senam Lutut lansia merupakan kegiatan fisik untuk lansia yang bertujuan untuk melatih kekekuatan otot dan kelenturan sendi terutama lutut serta keseimbangan dinamis lansia , Gerakan dan irama sangat harmonis dan mempunyai manfaat dan takaran yang tepat untuk lansia dan kegiatan senam ini akan rutin dilakukan “ ujar Drs. Sutardji, MS Penggagas Senam Lutut Lansia

Melalui Kegiatan Pengabdian Senam Lutut lansia diharapkan tercipta hubungan silaturahmi yang erat juga pola aktivitas fisik terjaga serta lansia mendapatkan informasi nilai ambang laboratorium untuk pemeliharaan kesehatannya.


Kontributor: Ranu Baskoro AP
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS