Tim 1 KKN Tematik Undip Berdayakan Petani Jambu Kristal Di Wates

 

Semarang, SEMARANG Post –  Kolaborasi Tim 1 KKN Tematik Undip dengan tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Departemen (Sosmas HMD) Pertanian, FPP Undip, berhasil berdayakan pertanian jambu kristal di Kelurahan Wates, Semarang pada bulan November hingga Desember 2021 yang lalu. 

Di bawah bimbingan Agus Subhan Prasetyo S.P., M.Si, kegiatan pemberdayaan dan realisasi program kuliah kerja Nyata (KKN)  Fakultas Peternakan danPertanian (FPP), Fakultas Sains dan Matematika (FSM) serta  Fakultas Teknik (FT) selama  45 hari.

Mengangkat tema “ Pemberdayaan Kelompok Tani Kelurahan Wates dalam Mewujudukan Pertanian Jambu Kristal Terintegrasi melalui Digitalisasi pada Era New Normal ” kegiatan tersebut merupakan realisasi program kuliah kerja Nyata (KKN)  Fakultas Peternakan danPertanian (FPP), Fakultas Sains dan Matematika (FSM) serta  Fakultas Teknik (FT) dibawah bimbingan Agus Subhan Prasetyo S.P., M.Si selama  45 hari bertujuan pada perbaikan sistem pertanian jambu kristal terintegrasi melalui program-program tepat guna bagi kelompok tani “Sumber Raharjo”. 

Rangkaian kegiatan Tim 1 KKN Tematik Undip, dimulai dari optimalisasi pengenalan potensi wilayah sebagai desa eduwisata kemudian pelatihan pembuatan perangkap hama untuk petani jambu kristal hingga pengembangan UMKMnya.



Tim 1 KKN Tematik Undip,  juga meningkatkan partisipasi pemuda tani dan karang taruna  dalam program digitalisasi hasil pertanian jambu kristal dwsa Wates, seperti pelatihan digital marketing dan desain konten website terkait branding jambu kristal dan produk UMKM desa Wates. 

Menyasar peran ibu-ibu di Kelurahan Wates Tim 1 KKN Undip  memberikan penyuluhan dan pelatihan  pengembangan potensi dan pemanfaatan serta pengolahan bagian pohon jambu kristal juga pembekalan kemampuan pembukuan

Sedangan acara penyuluhan oleh Tim 1 KKN Tematik Undip berupa pencerdasan terkait organisme penganggu tanaman  jambu kristal dilakukan sebagai bekal ketika terjadi serangan sehingga tindakan pencegahan serangan OPT efektif bisa dilakukan. 

Pada kesempatan pengabdian, Tim 1 KKN Tematik Undip juga mengajak siswa-siswi TK Pertiwi IX pada program eduwisata pengenalan alam berbasis permainan lagu dengan kegiatan penanaman pohon jambu kristal.

Semoga kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Tim 1 KKN Tematik Undip ini dapat menambah daya saing dan mengembalikan pesona Kelurahan Wates, Kota Semarang sebagai “Kampung Jambu Kristal”.


Kontributor: Muhimmatul Ifadah
Editor: B. Rustono
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS