ShopeePay Hadirkan Program Semangat UMKM Di Kota Semarang

 

Sebagai langkah konkret dan lanjutan kontribusi pemulihan bisnis UMKM dan ekonomi lokal, ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, kembali hadirkan program Semangat UMKM Lokal di Kota Semarang

Program yang berlangsung sejak Maret 2021 ini akan terus dilakukan ShopeePay di tahun 2022 sebagai upaya berkelanjutan membantu meningkatkan transaksi bisnis UMKM lokal melalui promo spesial Cashback 60 persen di lima sentra UMKM favorit di Semarang. 

Mulai 16 hingga 22 Januari 2022, masyarakat bisa menikmati promo spesial tersebut di Pujasera Simpang Lima, Food Fair Ciputra, Pujasera Batan, DP Mall Food Court, dan Tiong Bahru Market.

Situasi pandemi masih menjadi tantangan para pelaku usaha di Indonesia untuk membangkitkan bisnisnya. Di Jawa Tengah, selama pandemi setidaknya 44.338 pelaku usaha kecil menengah terdampak Covid-19. UKM bidang makanan minuman paling banyak terdampak, sebanyak 65,33 persen. 

Terhadap situasi tersebut, dukungan dan kolaborasi berbagai pihak dilakukan agar pemilik usaha di bidang kuliner khususnya dapat kembali bangkit. Salah satunya, mendorong adopsi teknologi digital dan menyediakan akses kedalam ekosistem digital, upaya tersebut menjadi fokus bagi Kota Semarang sebagai salah satu wilayah di Jawa Tengah dengan jumlah pelaku UMKM yang cukup tinggi.

“Program Semangat UMKM Lokal sudah kami hadirkan di sembilan kota di Indonesia, menggandeng ratusan merchant di lebih dari 30 sentra UMKM. Program ini bersama dengan cashback yang diberikan merupakan dukungan yang dilakukan ShopeePay untuk merchant, khususnya pelaku UMKM, agar dapat kembali mendorong roda bisnis mereka. Kami kembali ke Semarang untuk kedua kalinya mengingat Semarang adalah kota yang telah lama menjadi salah satu pusat ekonomi daerah di wilayah Jawa Tengah yang sangat fokus pada kemajuan UMKM, sehingga kami ingin bersama-sama mendorong kemajuan UMKM di Semarang melalui program Semangat UMKM Lokal. Kedepannya, kami berharap program ini dapat terus membantu lebih banyak pelaku UMKM di tanah air.” ungkap Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Tidak Hanya Inovatif, Bisnis Juga Harus Adaptif. Bandeng Juwana Elrina berdiri pada 1981 dari ide sang pendiri, yakni Dokter Daniel Nugroho Setiabudhi. Memantau ramainya toko bandeng duri lunak di Semarang, dan melalui proses uji coba akhirnya pada 3 Januari 1981, Bandeng Juwana Elrina mulai dijual di depan rumahnya. 

Perlahan tapi pasti, kini Bandeng Juwana Elrina memiliki empat cabang di Kota Semarang. Tak hanya inovasi, adaptasi yang dilakukan sesuai perkembangan zaman pun menjadi kunci bagi bisnis Bandeng Juwana Elrina.

Arif Honggowijoyo Kusmadi, Direktur Utama PT Bandeng Juwana mengatakan, 41 tahun sudah Bandeng Juwana Elrina hadir dan terus berkembang juga dikenal serta menjadi pilihan oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Semarang. 

Perjalanannya tidak mudah, inovasi dilakukan baik hal produk juga layanan serta adaptif dengan situasi terkini. Contohnya,  saat pandemi semua orang membatasi kontak dan aktivitas fisik, upaya yang dilakukan sebanyak mungkin mengadopsi teknologi digital dan contactless seperti layanan pembayaran digital ShopeePay serta layanan pemesanan makanan online, imbuh Arif Honggowijoyo Kusmadi.

Dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Didik Listi Abi, Ketua TDA Wilayah Jawa Tengah dan DIY mengatakan , “Saya percaya industri kuliner merupakan salah satu industri yang kompetitif dan kerap kali menuntut para pelaku usaha untuk terus kreatif dan inovatif. Komunitas TDA secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang ada bagi sesama pegiat usaha dan kemudian mencari solusinya. Dorongan dari berbagai pihak adalah salah satu kunci untuk bangkitnya bisnis UMKM, dan kami mengapresiasi program Semangat UMKM Lokal yang dihadirkan oleh ShopeePay ini. Semoga program ini dapat mendorong transaksi di banyak bisnis di Semarang, khususnya UMKM ”.

Melalui program Semangat UMKM Lokal, ShopeePay berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Semarang dan seluruh Indonesia untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Selain menghadirkan promo cashback spesial 60 persen, ShopeePay menyiapkan sebuah laman khusus

 ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee untuk memberikan visibilitas yang lebih besar bagi pelaku UMKM dari daerah yang telah dikunjungi sebelumnya.

Shopee pun membuka Kampus UMKM Shopee Semarang pada Agustus 2021 lalu untuk menghadirkan program edukasi dari hulu ke hilir bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah, khususnya Semarang. 

Di Kampus UMKM Shopee Semarang, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan program dan fasilitas secara gratis meliputi konsultasi, pelatihan, edukasi mengenai hal operasional dan strategi bisnis online bahkan para UMKM bisa mendapatkan insight dan pemahaman pengembangan bisnisnya. Tersedia juga fasilitas seperti live streaming room dan studio foto untuk membantu pemasaran produk mereka.

Selain itu, selama program Semangat UMKM Lokal berjalan, diperkenalkan juga aplikasi Mitra Shopee sebagai layanan yang membantu para pemilik warung tradisional di Semarang dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan top-up saldo ShopeePay dan produk digital lainnya.


Kotributor: Sunjoyo Jatmiko (Shopee)
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS