Pentingnya Edukasi Anti Hoax

 

Semarang, SEMARANG Post - Akhir-akhir tidak sedikit muncul informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.


Jika tidak ada kehati-hatian, warga (netizen) terhasut tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan lalu bagaimana caranya agar tak terhasut?


Elsa Luthfiyani Mukhlis, mahasiswa KKN Tim II Tahun 2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang, mengadakan sosialisasi ‘Anti Hoax’ dalam bentuk edukasi sekaligus membagikan poster ‘Tips Cerdas Lawan Hoax’ di Rt 12 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Semarang pada , 31 Juli 2021  lalu.


Dibawah bimbingan Dr. Ir. Marry Christiyanto., M.P., I.M.P dan patuh prokes pandemi Covid-19, acara sosialisasi tidak dilakukan secara tatap muka namun demikian pembagian poster Elsa melakukan dengan mendatangi rumah warga.

 

“Dengan adanya sosialisasi dan pembagian poster Tips Cerdas Lawan Hoax ini sangat bermanfaat dan informatif, apalagi permasalahan ini sangat sesuai dengan kondisi sekarang. Aku juga jadi lebih tahu gimana sih caranya membedakan informasi aktual dan abal-abal”, tutur Nur Zahra Pramesti Maharani. 


Sosialisasi dan pembagian poster “Tips Cerdas Lawan Hoax” dilakukan Elsa Luthfiyani Mukhlis, harapannya para kalangan muda, pelajar maupun mahasiswa serta warga RT 12,Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Semarang  dapat memiliki wawasan mengenai hoax dan strategi terhindar dari informasi dan berita palsu serta dapat lebih selektif dalam menerima informasi sebelum memberikan informasi tersebut kepada orang lain. 



Kontributor :Elsa L.Mukhlis (Mahasiswi FISIP UNDIP)

Editor: Anast

Lebih baru Lebih lama