Mahasiswa STISS Ciptakan Pancasila Raksasa Sambut HUT RI ke-76

 


Grobogan, SEMARANG Post – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Sunniyyah Selo (STISS) Grobogan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) tunjukkan kreativitasnya dengan membuat Pancasila Raksasa 


Pancasila Raksasa terbuat dari bahan alam,  seperti bulu ayam, batu kerikil, biji-bijian dan cangkang telur. Sedangkan bahan daur ulangnya memanfaatkan plastik bekas,sendok plastik bekas, tikar bekas dan kardus bekas serta limbah kain perca.


Penggunaan bahan alam dan daur ulang dalam pembuatan Pancasila Raksasa dimaksudkan antara lain bahan mudah didapat, mengurangi sampah, hemat biaya, tetap melestarikan lingkungan dan mengasah kreativitas mahasiswa.


Kurang dari 2 bulan mahasiswa STISS Grobogan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlokasi di Komplek Makam Kyai Ageng Selo Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah menyelesaikan Pancasila Raksasa berukuran lebih dari 2 (dua) meter tersebut.




“tujuan pembuatan Pancasila Raksasa ini adalah untuk menyambut HUT RI ke 76. Seperti kita tahu bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah didasari oleh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasilauntuk merebut kemerdekaan yang puncaknya ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan RI " tutur Sucik Rahayu 


Selaku dosen pembimbing Sucik Rahayu menegaskan bahwa pembuatan Pancasila Raksasa tersebut merupakan bentuk pengamalan nilai nilai Pancasila secara nyata oleh mahasiswa seperti berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, saling membantu, kerukunan antar mahasiswa, saling bertukar pendapat dan menerapkan sikap adil secara langsung


Sedangkan menurut Isrofi Rohman Nashoha selaku ketua kegiatan mengatakan bahwa pembuatan Pancasila Raksasa ini merupakan bentuk kreativitas mahasiswa karena di masa pandemi ini kreativitas tidak boleh berhenti apalagi demi menyambut dan menyemarakkaan HUT RI ke 76. 


Pada kesempatan yang sama, Nuriyyatun Nadhifah, wakil ketua kegiatan juga menambahkan bahwa pembuatan Pancasila Raksasa ini merupakan realisasi subjektif "Bhineka Tunggal Ika" oleh Mahasiswa STISS.


Saat ini Sekolah Tinggi Islam Sunniyyah Selo (STISS) Grobogan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dalam naungan Yayasan Sunniyyah Selo memiliki 2 Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Meski tergolong sebagai kampus baru, namun STISS menunjukkan kualitasnya sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi.


Kontributor: Sucik Rahayu (Dosen (STISS) Grobogan)
Editor: B.Rustono
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS