Tahu Gimbal Semarang Sensasi Legendaris


Semarang, SEMARANG Post - Mendengar istilah gimbal, kita diarahkan pada helai rambut mirip tali berbentuk anyaman atau kepangan yang melekat di kepala anak-anak di wilayah kecamatan Dieng kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Namun tidak demikian, penampakan gimbal di kota Semarang, adalah  lezat, gurih, pedas, dan renyah di mulut.

Gimbal merupakan makanan khas Semarang merupakan perpaduan udang bertepung berukuran cukup lebar, dan digoreng.

Melengkapi nikmatnya menyantap gimbal, adalah tahu goreng dipotong seukuran dadu, sayur kol, taburan bawang goreng, irisan tomat. Semua bahan tersebut disusun di piring, disiram sambal kacang. Perpaduan rasa pedas dan manis dari campuran kacang tanah goreng yang diulek bersama cabai dan gula jawa ini benar-benar istimewa.

Padupadan makanan ini biasa disebut tahu gimbal, makanan yang sudah ada sejak jaman penjajahan dan termasuk makanan legendaris di kota Semarang.

Awalnya, racikan tahu gimbal menggunakan jenis tahu pong alias tahu bagian dalamnya kosong. Tapi, saat ini tahu gimbal menggunakan tahu padat dan sensasinya dilengkapi telur ceplok dan toppng kerupuk.

Tahu gimbal menjadi kuliner wajib yang harus dicicipi saat berkunjung ke Kota Semarang. Di setiap sudut kota banyak dijumpai pedagang kaki lima tahu gimbal. Masalah harga per porsinya, bersahabat !

Kontributor: Hilda K. R.
Editor: Tono RST
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS