Korea-Indonesia MTCRC Tandatangani MoU dengan Universitas Diponegoro


Semarang, SEMARANG Post - Korea-Indonesia MTCRC kembali perluas kerjasama dengan instansi pendidikan Indonesia terkait program akademik dan ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kelautan. 

Penandatanganan Mem orandum of Understanding (MoU)Kali dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) pada Jumat, 14 Juli 2023 diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor, Gedung Widya Puraya lantai 2, Universitas Diponegoro, Semarang, oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum selaku Rektor UNDIP, dengan Direktur MTCRC, Dr. PARK Hansan dan Ivonne M. Radjawane, Ph.D. 

Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan Kemenkomarves Hardino. juga perwakilan pihak UNDIP, yaitu Wakil Rektor I Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., Wakil Rektor II Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., Wakil Rektor III Prof. Budi Setiyono, Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik dan para dekan di lingkungkan UNDIP.

Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) merupakan Pusat Penelitian Bersama Antar Pemerintah di bidang Ilmu dan Teknologi Kelautan antara Korea dan Indonesia berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) dan Implementing Arrangement (IA) antara Kementerian Samudera dan Perikanan (MOF), Republik Korea dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia, 

Didirikan pada 14 September 2018 di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon dan dioperasikan oleh Korea Institute of Ocean Science and Technology (KIOST) dan ITB. MTCRC memiliki fungsi utama antara lain platform kerjasama, penelitian bersama, dan peningkatan kapasitas untuk memperkuat dan mempromosikan kerjasama praktis dalam ilmu dan teknologi kelautan antara kedua negara.

“Melalui kolaborasi international salah satunya dengan Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center merupakan salah satu bentuk komitmen UNDIP dalam mewujudkan visinya yaitu menjadi World Class Excelence Research University”. ungkap Prof. Yos Johan dalam sambutannya. 

Meskipun fokus kerja sama kedua belah pihak adalah pada sektor maritim, namun selaku Rektor UNDIP Prof. Yos Johan menyampakan bahwa harapannya kerja sama ini terbuka untuk semua fakultas seperti pertukaran dosen dan staf dalam rangka memajukan penelitian ilmiah, pelaksanaan penelitian bersama, seminar, konferensi, program peningkatan kapasitas termasuk beasiswa dan pelatihan, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan kedua institusi.

Pada kesempatan yang sama Dr. PARK Hansan, Korean Director of MTCRC, menyampaikan bahwa Universitas Diponegoro memiliki bentuk kontribusi kuat terhadap pembangunan kemaritiman di Indonesia khususnya di Jawa Tengah dengan secara aktif melakukan kegiatan riset dan kemasyarakatan di daerah pesisir khususnya daerah Jawa Tengah. UNDIP juga merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dan memiliki reputasi akademik yang kuat. 

“Kami yakin kerjasama dengan UNDIP akan membawa manfaat yang besar dalam memajukan sektor Maritim Indonesia serta memajukan program akademik dan ilmiah di bidang Ilmu dan Teknologi Kelautan” tambah Dr. PARK Hansan. 

Lebih lanjut, disebutkan Dr. PARK Hansan bahwa kolaborasi dengan UNDIP meliputi area: Riset gabungan dan Survei lapangan, Konferensi Bersama termasuk seminar dan simposium, Implementasi program peningkatan kapasitas termasuk beasiswa dan pelatihan. Dr. Park Hansan juga menyampaikan apresiasi kepada Kemenko Marves atas dukungan yang selama ini diberikan.

Ivonne M. Radjawane, Ph.D. selaku Indonesian Director of MTCRC menambahkan, reputasi keunggulan akademik UNDIP dan komitmennya serta memiliki visi yang sama dengan MTCRC dalam memajukan penelitian akademik dan pendidikan menjadikan dasar yang kuat dalam upaya kedua belah pihak untuk melakukan kerja sama. 

Ivonne juga menyampaikan bahwa UNDIP merupakan partner yang ideal dalam mewujudkan pengembangan maritim dikarenakan UNDIP merupakan salah satu kampus dengan reputasi yang baik di Indonesia. 

“Penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua institusi ini melambangkan kemitraan yang kami yakini akan mengarah pada banyak inisiatif penelitian bersama yang menghasilkan sinergi baru, dan menambah nilai akademik bagi MTCRC, dan UNDIP di dunia” tambahnya.

MTCRC telah aktif berkolaborasi dengan berbagai stakeholders dan universitas di Indonesia untuk memperluas kerjasama di bidang ilmu dan teknologi kelautan, dengan melakukan kegiatan utama seperti cooperation platform, capacity building dan joint research. Melalui kesepakatan kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk memperkuat program akademik dan ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kelautan yang menguntungkan bagi kerjasama bilateral Indonesia-Korea melalui UNDIP dan MTCRC.

Kontributor: Nining Rahayu
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS