Waste4Change, Sukin dan Sociolla Promosikan Sustainable Lifestyle

 

Sukin dan Sociolla didukung Waste4Change kembali lanjutkan gerakan berskala nasional bertajuk Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station. 

Dalam waktu 5 bulan tercatat hingga Agustus 2022, program ini telah capai 3,7 ton pengumpulan sampah kecantikan yang dikelola menjadi materi bermanfaat dan melibatkan partisipasi dari belasan ribu penggiat kecantikan. 

Menanggapi antusiasme tinggi para penggiat kecantikan, Sukin dan Sociolla ajak lebih banyak lagi penggiat kecantikan untuk kumpulkan sampah produk kecantikan mereka di Sukin x Sociolla Recycle Station yang saat ini tersedia di 47 gerai omnichannel Sociolla.

Di industri kecantikan, kemasan produk merupakan penghasil sampah plastik terbesar  dan perlu dikelola dengan baik supaya tidak menumpuk dan timbulkan dampak negatif lingkungan.  

Data Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup Dan Kehutanan ditahun 2021, menunjukkan bahwa Indonesia menghasilkan sampah lebih dari 18,2 juta ton per tahunnya dan dari total tersebut, masih ada 27,05 persen atau hampir 5 juta ton per tahunnya sampah yang tidak terkelola. 

“Kami menyadari bahwa urgensi di kalangan para penggiat kecantikan terhadap isu sustainability sudah terbilang tinggi. Melalui inisiatif berkelanjutan antara Sukin dan Sociolla ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran melalui tindakan nyata, meningkatkan penyediaan sarana pengelolaan limbah produk kecantikan berupa recycling station yang memadai serta terus melakukan edukasi yang konsisten. Inisiatif ini adalah solusi bagi para penggiat kecantikan untuk tetap merawat diri dengan tetap peduli dengan lingkungan. Berkaca dari pencapaian pengumpulan limbah produk kecantikan dalam waktu singkat ini, bersama-sama kita teruskan pergerakan dengan skala lebih besar untuk meminimalisasi dampak tidak baik terhadap dari kegiatan kita sehari-hari” ungkap Co-Founder & CMO Social Bella Indonesia, Chrisanti Indiana.

Menanggapi pencapaian ini, Brand Manager Sukin, Vania Anisya mengatakan bahwa Kesadaran terhadap gaya hidup yang mindful dan sustainable kian meningkat dikalangan penggiat kecantikan. Salah satunya adalah dengan mulai berpindah keproduk kecantikan berbahan alami serta memilih brand yang berkomitmen terhadap sustainability, seperti Sukin. 

"Sebagai brand yang berkomitmen untuk memastikan kandungan produk, kemasan, hingga proses produksi dilakukan secara etis dan ramah lingkungan, Sukin memiliki kesamaan visi dan bersinergi dengan Sociolla dalam memperkuat upaya sustainability yang berkesinambungan " ucap Vania Anisya. 

Melengkapi keterangannya, Vania Anisya menegaskan, kelanjutan inisiatif yang berkolaborasi dengan Waste4Change ini menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran dalam mengimplementasikan 3R (Reduce, Recycle and Repeat) sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan target tahunan Waste Down Kindness Up yang tercapai hanya dalam kurun waktu 2 bulan saja, kami berharap lebih banyak lagi partisipasi untuk mengurangi limbah produk kecantikan di tempat pembuangan akhir dan juga menggunakan kemasan plastik yang 100 peresen hasil daur ulang pada tahun 2025.

Langkah yang dilakukan dalam partisipasi dalam inisiatif Waste Down Kindness Up: Sukin X Sociolla Recycle Station :

  1. Collect The Empties: Kumpulkan kemasan produk kecantikan dari brand apapun yang kamu miliki berdasarkan materinya, baik itu plastik, kaca dan lainnya dan mencopot label dari kemasan.
  2. Cleanse & Rinse: Pastikan kemasan produk kecantikan yang dikumpulkan untuk daur ulang sudah dicuci agar keadaan bersih, kemudian keringkan, dan pastikan tidak ada lagi sisa produk di kemasan.
  3. Come & Drop It Off: Kunjungi Sociolla Store terdekat untuk drop off kemasan kosong produk kecantikan yang nantinya akan dikelola oleh mitra kami yaitu Waste4Change
  4. Setiap 1 kemasan dapat ditukarkan dengan 5 SOCO Points. Kamu bisa menulis harapanmu untuk bumi atau kesan dan pesanmu terhadap program ini melalui sticker cantik yang telah tersedia untuk ditempelkan di Recycle Station yang tersedia

Saka Dwi Hanggara selaku  Campaign Manager of Waste4Change menjelaskan, dengan kesamaan misi untuk memberikan dampak positif kepada lingkungan, pihaknya senang bisa berkolaborasi kembali bersama Sukin dan Sociolla

"Kita bisa lihat bahwa penggunaan kosmetik adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, namun di sisi lain, hal ini bisa dilakukan bersamaan dengan upaya menyelamatkan lingkungan dan menjadikannya sebagai bagian dari keseharian para pengguna produk kecantikan. Jika dikelola dengan baik, limbah produk kecantikan dapat didaur ulang untuk menjadi material yang bermanfaat" ucap Saka. 

Sejalan dengan komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengurangi sampah plastik hingga 30 persen dan mengelola sampah hingga 70 persen di tahun 2025, kami percaya peran aktif semua pihak diperlukan untuk menangani masalah sampah di Indonesia. Itulah mengapa Waste4Change kembali mendukung upaya berkesinambungan inisiatif Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station dan berkomitmen untuk terus mendukung kolaborasi baik antar pemerintah, pelaku industri, konsumen, swasta dan masyarakat pada umumnya, imbuhnya.

Bagi para penggiat kecantikan yang turut berpartisipasi dalam Waste Down Kindness Up kali ini, akan ada banyak hadiah menarik yang dapat diraih yang berlaku di bulan September 2022 ini, mulai dari voucher belanja produk Sukin senilai 20,000 rupiah ketika mengumpulkan product empties di recycle station, mengikuti #SundayKINDay challenge di Instagram dengan mengupload Reels ataupun foto mengenai sustainability journey yang berhadiah voucher belanja di Sociolla dan produk Sukin.


Kontributor: Primadianti Purbandini 
Editor: Novi DR
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS