Notification

×

Iklan

Iklan

Sandiaga Uno Bersama RSK Geliatkan UMKM di Tengah Pandemi

Senin, 03 Januari 2022 Last Updated 2022-01-10T08:52:04Z


Jakarta, SEMARANG Post - Pandemi covid-19 berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Tak hanya sektor kesehatan tetapi juga kesejahteraan sosial imbas pelambatan ekonomi.


Kondisi tersebut diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menambah beban masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).


"Di sinilah rasa empati, kepekaan dan kepedulian terhadap sesama saudara kita yang membutuhkan menjadi sangat penting untuk kembali bangkit," ungkap Sandiaga Uno dalam penyerahan bantuan UMKM dari Rumah Siap Kerja (RSK) di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis (30/12/2021).


Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengungkapkan perjalanannya berkeliling Nusantara selama meninjau ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.


Tercatat, ada lebih dari 50 desa wisata sudah dijejakinya. Dirinya mendengar dan melihat secara langsung kondisi serta beragam keterbatasan yang dialami masyarakat, khususnya mereka yang belum terjangkau berbagai program pemerintah.


"Oleh karena itu, upaya membangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat harus dengan pemahaman yang komprehensif dan menyeluruh agar lebih kuat, lebih adil, dan lebih setara," ungkap Sandiaga Uno.


"Program pemerintah, baik di pusat maupun daerah harus memastikan sumber daya terdistribusi secara adil dan merata," tambahnya.


Adaptasi, inovasi dan kolaborasi semua pihak disampaikan Sandiaga Uno dibutuhkan untuk mengatasi beragam problematika yang dialami masyarakat.


Beragam ide inovatif katanya telah dirancang dan diimplementasikan sebagai upaya pemulihan ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.


Selanjutnya, memperluas kesempatan kerja, merevitalisasi dan mendayagunakan UMKM, serta mendukung peluang bagi pengusaha dan generasi muda.


"Desa Wisata ke depan menjadi andalan untuk membantu UMKM sebagai peluang ekonomi baru bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan," jelas Sandiaga Uno.


"Dan, saya akan melanjutkan berbagai program yang saya mulai sebagai pengusaha, misalnya seperti OK OCE yang telah menghasilkan puluhan ribu wirausahawan baru sejak 2017 dan aktif di lebih dari 197 komunitas di seluruh Indonesia," paparnya.


Tak hanya itu, semua pihak pun ditekankannya harus Gercep, Geber dan Gaspol untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.


Pemerintah katanya kini sangat terbuka untuk berkolaborasi demi pemulihan ekonomi di masa depan.


"Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman sebagai pengusaha maupun di sektor pemerintahan, saya tahu bagaimana menyatukan banyak pihak untuk memastikan program dan kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu," ungkap Sandiaga Uno.


'Kita harus kawal dan memastikan program tersebut sampai ke mereka yang membutuhkan dan didistribusikan ke semua orang secara merata," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Yayasan FAFI Peduli, Faizal Fiqri menyampaikan terima kasih atas kepedulian RSK kepada masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif.


Bantuan yang diterimanya diungkapkan Faizal akan disalurkan kepada tujuh komunitas pelaku ekonomi kreatif, UMKM dan masyarakat yang membutuhkan di Kelurahan Cakung Timur dan Kelurahan Rorotan.


"Aku menyampaikan terimakasih banyak kepada RSK yang telah memberikan amanah ini kepada Fafi Peduli," ungkap Faizal.


"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita, bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.


Kontributor: Lukman Hakim
Editor: Anast