PermataBank Tebar Edukasi Literasi Keuangan Dalam CERITA


Yogyakarta, SEMARANG Post – Cinta dan Empati daRIkiTA (CERITA) kembali  diselenggarakan PermataBank. CERITA, aksi sosial PermataBank melalui PermataHati CSR yang ditujukan  untuk edukasi literasi keuangan kepada para generasi penerus bangsa dengan melibatkan Employee Volunteers (EVO) di berbagai kota di Indonesia. 


CERITA merupakan bagian dari rangkaian kegiatan merayakan Ulang Tahun PermataBank yang ke-19 sekaligus memperkuat komitmen PermataBank dalam mendukung Bulan Inklusi Keuangan yang digagas oleh OJK, dan upaya BI dalam mensosialisasikan “Ayo Menabung” bagi masyarakat Indonesia. 


CERITA 2021 diadakan secara on-line dan offline selama 13-29 Oktober 2021 di59 titik wilayah PermataBank, serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia(BI),Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan komunitas berbagai sekolah, pembukaan CERITA 2021 dilaksanakan di Pontianak,Kalimantan Barat.


CERITA, yang diselenggarakan sejak 2016 dan telah membina lebih dari 26.000 penerima manfaat dari tingkat TK hingga SMA, termasuk SLB, merupakan salah satu wujud aktif Employee Volunteerism dari karyawan PermataBank (PermataBankers) untuk terjun langsung memberikan edukasi literasi keuangan kepada siswa sekolah dengan menggunakan MODul FinansiAL (MODAL), sebuah kurasi materi edukasi literasi keuangan yang mudah, komprehensif, serta sesuai dengan tingkatan usia dan kemampuan.


Program ini menjadi semakin penting mengingat hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana tingkat literasi keuangan pada anak muda masih tergolong rendah.


Chalit Tayjasanant, Direktur Utama PermataBank mengungkapkan “Saya sangat senang PermataHati CSR dapat kembali menyelenggarakan CERITA yang menjadi kesempatan bagi Permata Bankers untuk memperluas jangkauan kami dalam menyebarkan literasi keuangan secara berkelanjutan kepada para generasi penerus bangsa. 


Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus membuat perubahan yang berarti, sertamenjadibankpilihanbagiseluruhnasabah dan pemangku kepentingan. Kami memperkuat penetrasi edukasi finansial melaluidigitalisasi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Melalui program ini, saya juga ingin mengapresiasi antusiasme para employee volunteer serta semangat giving back yang dibangun oleh para Permata Bankers dalam menebarkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat di sekitar mereka.”


Parjiman, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutannya di kegiatan CERITA 2021 di Yogyakarta mengungkapkan : 


“Kami mengapresiasi komitmen PermataBank melalui berbagai program CSR nya yang fokus dalam menyebarluaskan pengetahuan literasi keuangan dan kebiasaan menabung sejak usia dini. Dengan memanfaatkan teknologi, program CERITA yang diselenggarakan dalam rangka mendukung Bulan Inklusi Keuangan OJK, dapat tetap dilaksanakan di 59 lokasi baik online maupun offline dan hal ini menunjukkan kita sudah dapat beradaptasi dengan penuh disituasi pandemi. Saya harap program ini dapat terus disebar luaskan kelebih banyak lokasi lagi untuk dapat memberikan banyak manfaat kepada ribuan pelajar di Indonesia sekaligus untuk menanamkan kebiasaan menabung serta manajemen keuangan lainnya.”


Selain kehadiran Chalit Tayjasanant, kegiatan CERITA di setiap kota dipimpin oleh jajaran Direksi PermataBank antara lain Dhien Tjahajani (Direktur Hukum & Kepatuhan), DarwinWibowo (Direktur Wholesale Banking), Lea Kusumawijaya (Direktur Keuangan), AbdySalimin (Direktur Teknologi dan Operasi),Suwatchai Songwanich (Direktur Risiko),Djumariah Tenteram  (Direktur Retail Banking), Herwin Bustaman (Direktur Unit Usaha Syariah), Dayan Sadikin (Direktur Human Resources), Eddie Sajoga (Headof Network PermataBank), dan dihadiri oleh pejabat OJK, BI dan Kemendikbudristek setempat.


Selama penyelengaraannya mereka disambut oleh Kepala Sekolah, Guru serta ribuan siswa/i di 59TK/SD/SDLB/SMP/SMA di kota-kota terpilih tahun ini, yaitu: Bekasi, Karawang, Jakarta, Serang, Bogor, Tangerang Selatan,  Bandung,  Cirebon, Garut, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Cimahi, Cianjur, Klaten,Kudus, Purwokerto, Semarang, Solo,Tegal,Yogyakarta, Magelang,Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Jombang, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Surabaya,  Tulungagung, Blitar, Gresik, Sidoarjo, Balikpapan, Banjarmasin,Pontianak, Samarinda, Banjar Baru, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Kendari, Palu,Batam, Binjai, Medan, Padangsidempuan, Pekanbaru, Sudirman Padang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Jambi, Lampung, Palembang.


Menyambut penyelenggaraan CERITA 2021, EddieSajoga, Head of Network PermataBank, mengatakan :


“Kehadiran kantor cabang PermataBank yang tersebar diberbagai kota di Indonesia diharapkan tidak hanya dapat memberikan pelayanan keuangan,namun juga memberikan kontribusi bagi masyarakatsekitaruntuk memperluas edukasi literasi keuangan. Melalui kegiatan PermataHati CSR yang dijalankan oleh para karyawan secara sukarela ini, kami harap para siswa dan sekolah mendapatkan banyak pengetahuan baru dan manfaat dari berbagai sesi yang kami bawakan baik secara online maupun offline.”


PermataBank melalui PermataHati CSR terus memperkuat posisi sebagai bank inovatif yang menjadi mitra bagi seluruh masyarakat melalui berbagai rangkaian program tanggung jawab sosial dengan berfokus pada 3 pilar utama,yaitu Education, Empowerment,dan Enhancement. CERITA mengusung pilar Education dengan memberdayakan EVO yang tersebar di berbagai daerah di mana PermataBank berada serta menjadi wujud solidaritas Permata Bankers terhadap masyarakat sekitar. Selain CERITA, PermataHati secara rutin menyelenggarakan berbagai program CSR unggulan lainnya, seperti Permata Bankir Cilik untuk menanamkan kebiasaan baik menabung sejak dini kepada siswa/i sekolah dasar,Permata BRAVE (Because eveRy one is Ableand creatiVE) yang fokus memberdayakan

 

penyandang disabilitas,dan Permata Youth Preneur sebagai platform edukasi dan pengembangan skill berwirausaha digital bagi siswa/i SMA/SMK dan sederajat.


Kontributor: Shanty Soekowati (media relations manager ▪︎ magnifique indonesia)
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS