Dalang Muda Dari Lereng Sumbing


Magelang, SEMARANG Post - Roni biasa disapa  Roni Sanjoyo, pemuda Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah  salah satu pemuda yang peduli terhadap kesenian wayang kulit.

Dari penuturannya, Roni menekuni seni wayang kulit sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Awalnya, sebatas  bermain wayang  dari kardus buatan ayahnya yang sekaligus pembimbing bakatnya.

"Saya suka wayang karena  ceritanya mengandung tuntunan dan penuh petuah bijak" tutur Roni.

Roni pemuda kelahiran  tahun 1996  memiliki kepedulian terhadap seni dan budaya warisan leluhur bangsa Indonesia,  tidak mustahil jika cita-citanya menjadi seorang dalang menjadi dasar motivasinya belajar  seni pedalangan. Dalam perkembangannya proses belajarnya pun membuahkan kemahiran dan kelincahannya serta kreatifitas  memainkan  wayang kulit yang  mengesankan pada setiap performa pementasannya.



"Didalam cerita wayang kita bisa mengkaji, menata diri, baik untuk diri kita sendiri bahkan bagi semua orang untuk selalu mawas diri " ungkap Roni sambil menyusun wayang kulit yang sedang dipersiapkan  untuk pementasan pada Minggu 31 Oktober 2021 dengan lakon Semar Mbangun Kayangan di Desa Ngaglik Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang., Jawa Tengah.

 

Pewarta: Iwan Alfianto
Editor: Iwan Alfianto
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS