Inovasi Olahan Keripik Pelepah Pisang


Grobogan, SEMARANG Post – Pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan konsep Back to Village III Semester Genap 2020/2021 menjadi salah satu alternatif pelaksanakan kurikulum masing-masing Program Studi di Universitas Semarang.

Rafika Tri, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang melaksanakan program kegiatan KKN–BV III tersebut di Dusun Krajan Desa Tambakselo RT 05/ RW 04 pada 12 dan 13 Juni 2021 dengan mengangkat tema ‘Memanfaatkan Potensi Desa dengan Memberikan Pelatihan dan Pengembangan Unit Mikro Kecil Menengah’.

Dalam kegiatannya, Rafika membantu pelaku usaha produksi racikan kering buah Mahkota Dewa dengan cara meningkatkan strategi pemasaran, sehingga hasil produksi tidak hanya dijual jika ada pemesanan saja.  

“Alhamdulilah, sangat terbantu selain memberikan feedback baik untuk mengembangkan usaha rumahan ini dan juga membina mahasiswa agar menjadi seorang innovator melalui kegiatan KKN ini,” ujar Rusiyani pemilik usaha racikan kering Mahkota Dewa.

Pada kesempatan KKN-BV III, Rafika juga memberikan pelatihan strategi pemasaran serta penerapannya pada digital marketing UMKM inovasi olahan keripik pelepah pisang dengan menyasar anak muda Desa Tambakselo pada 13 Juni 2021. 


Kontributor: Rafika Tri W (Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM)
Editor: Tono RST
Lebih baru Lebih lama