USM Gelar Kampanye Sosial

Semarang, SEMARANG Post - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikaasi (FTIK), Universitas Semarang (USM) gelar rangkaian kampanye sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid -19. 

Rangkaian kampanye sosial tersebut dimulai pada bulan Desember 2020 dan masih berlangsung hingga bulan Januari 2021 dengan menggunakan platform media sosial seperti Instagram, facebook dan youtube.Tema yang diangkat dalam kampanye tersebut adalah Kesehatan Mental, Ketahanan Pangan, Ketahanan Finansial, Tetap Kreatif di saat Pandemi, dan Aman Keluar Rumah dengan Protokol Kesehatan. 

Melalui tema-tema tersebut diharapkan kampanye ini dapat menggugah kesadaran masyarakat mengenai berbagai dampak yang mungkin diakibatkan selama pandemic Covid 19. Salah satu kampanye sosial kesehatan mental, topik “Your Sanity Matters” mengajak masyarakat untuk mulai memperhatikan kesehatan mental dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka. Melalui tagar #janganlupabahagia, kampanye sosial ini menyebarkan konten-konten positif diplatform-platform media sosial untuk mengurangi tekanan psikologis masyarakat.

“Kesehatan mental di masa pandemi seperti ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Kebanyakan orang menganggap stress atau perasaan cemas sebagai hal yang biasa, namun jika tidak diatasi dengan baik maka akan dapat mengganggu kesehatan”, ujar Timotius Andreawan sebagai salah satu penyelenggara kampanye sosial.

Tidak sebatas kampanye sosial seperti tersebut di atas, kampanye lain seputar ide-ide kreatif mengenai ketahanan pangan sebagai gagasan tentang menghasilkan pangan mandiri juga diluncurkan melalui akun @pakuteter dan @nandurkas.smg.

Sedangkan untuk tema produktif disaat pandemi, mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM membagikan informasi dan juga menyelenggarakan webinar mengenai “Kreatif dengan Berwirausaha”.
Tagar #UsahaAjaDulu mengajak masyarakat agar mampu menyiasati kesulitan ekonomi dimasa pandemic dengan mengoptimalisasikan potensi wirausaha mereka. Mengelola keuangan secara tepat dipilih untuk mengkampanyekan Ketahanan Finansial. Pengelolaan keuangan yang diklasifikasikan dalam tiga kategori adalah informasi-informasi yang dibagi melalui tagar #KeepitSimple. Diharapkan informasi-informasi tersebut akan dapat digunakan untuk mengatur keuangan jaga panjang masyarakat.

Kampanye yang tidak kalah penting adalah kampanye 'Tetap Aman Walau Keluar Rumah'. Kampanye ini memprioritaskan pada warga masyarakat yang harus tetap bekerja di luar rumah, seperti pedagang di pasar. Ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat ketika terpaksa harus bekerja di luar rumah melalui video dan konten iklan layanan masyarakat adalah cara untuk mengkampanyekan tagar #StopPenyebaranAyoCegah melalui akun Instagram @staysafe_withmee.

Rangkaian kampanye berbagai tema di atas merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM khususnya mata kuliah Manajemen Public Relations kepada masyarakat dimasa pandemi Covid 19 saat ini.

Pewarta: Faisal Ardiansyah, Prista IK, (Mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM)
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS