Pencatatan Berbasis Android Dari Mahasiswa USM Untuk UMKM Asal Kendal

 

Semarang, SEMARANG Post - Mahasiswa Universitas Semarang (USM) Program Studi Sistem Informasi melakukan penerapan aplikasi berbasis android pada UMKM Kripik Singkong di Jl. Batu getas, Gunung Pati, Semarang pada 2 Januari 2021 yang lalu.

Aulia Rahmana Afriandi, M. Sigit Riyanto, Azizil Mutttaqin, dan Reza Yassar menerapkan aplikasi pencatatan berbasis android yang mudah digunakan menggantikan pencatatan manual terutama dalam proses pembayaran pada UMKM singkong tersebut.

“Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu saya dalam hal pendataan produk yang saya miliki, biasanya saya mencatatnya dengan menggunakan kertas , sekarang saya dapat menggunakan dengan aplikasi dan tidak perlu sesekali mengecek ulang ada produk apa saja”. ujar pemilik UMKM Kripik Singkong.

Kelebihan lain dari aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa USM ini yaitu dapat dijalankan secara offline atau tanpa internet. Sehingga memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi ini tanpa khawatir kehabisan kuota paket data internet, cukup diunduh sekali dan bisa dipakai seterusnya. Dengan aplikasi ini cara pembayaran dimungkinkan akan lebih mudah bagi para pedagang untuk mencatat detail pembayaran.

Harapannya, aplikasi ini bisa membantu UMKM dalam proses pencacatan laporan serta mempermudah dalam transaksi penjualan. 

Kegiatan ini selain sebagai pemenuhan tugas mata kuliah E-Business yang diampu dosen pembimbing Saifur Rohman Cholil juga tugas pendampingan terhadap pelaku usaha dengan cara membantu mereka dalam bidang IT.


Pewarta: Saifur Rohman Cholil - Aulia Rahmana
Editor: Tono Rst
Lebih baru Lebih lama