Maula Tas Peroleh Alat Cetak Label

 

Semarang, SEMARANG Post - Label produk salah satu faktor penting untuk branding hasil karya. Dalam dunia usaha label menjadi sebuah identitas pembeda dengan kompetitor. Dengan label sebuah produk bisa memberikan informasi mengenai kualitas,  kode produksi, komposisi, atau pun logo produsen.

Mengakar pada konsep tersebut, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang tahun 2020 mengadakan pengabdian masyarakat pada ' Maula Tas' milik Jain produsen tas di Desa Bulu lor Kecamatan Semarang Utara.

Dalam mengembangkan usahanya Jain dibantu isterinya, hal ini ia lakukan karena keterbatasan akan tenaga kerja juga peralatan yang dimilikinya sehingga tidak jarang Jain menolak order yang diterima. Sementara terkait branding produk kepada konsumennya, Jain hanya mengandalkan label hasil sablon yang tertempel disetiap produk tasnya.  

Beberapa saat lalu, tim pengabdian masyarakat Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang tahun 2020 memberi salusi dengan memberi alat cetak label (embos), pelatihan teknis dan perawatan alat juga pelatihan manajemen pemasaran serta keuangan sederhana melalui perancangan dalam rangka meningkatkan pemasaran hasil produksinya.

Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat pratama tersebut, usaha kecil 'Maula Tas' bisa menghemat biaya produksi sebesar 11,4 persen, dan pendapatan kotor per bulan dapat meningkat sebesar  40 persen .

Kontributor : Bambang Tjahjono
Editor: Iwan

Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS