Sebarkan Kesadaran Hidup Sehat melalui Olahraga


Jakarta,SEMARANG Post - Thalassemia Movement umumkan partisipasinya dalam perayaan Dash Sports Fest 2023 pada 16 September 2023 di Stadion Madya Gelora Bung Karno. 

Acara ini bertujuan merayakan ulang tahun ke-3 Dash Sports dan menyajikan beragam kompetisi olahraga seru, bazaar produk olahraga, makanan, hiburan.Lebih dari sekadar kompetisi, Dash Sports Fest adalah tempat berkumpulnya komunitas olahraga untuk bersenang-senang bersama!

Thalassemia Movement hadir dalam acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai Thalassemia melalui kegiatan promotif dan preventif dan didedikasikan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit Thalassemia, penyakit genetik yang dapat memengaruhi produksi hemoglobin dalam tubuh.

Kesadaran pentingnya pencegahan Thalassemia adalah langkah awal yang paling krusial. Thalassemia bukan penyakit menular tetapi bisa dicegah bersama dengan skrining Thalassemia sedini mungkin atau sebelum menikah. 

Mengapa perlu dicegah? Karena sampai sekarang, biaya pengobatan Thalassemia telah menduduki posisi ke-5 terbesar yang menghabiskan biaya BPJS dan APBN. Dengan acara kolaborasi ini, diharapkan langkah untuk #StopThalassemia bisa semakin dekat menuju zero born Thalassemia di Indonesia.

Thalassemia Movement tidak sebatas memberikan edukasi cara menghindari risiko tetapi memberikan dukungan kepada para penyintasnya. 

Sebagian anggota dari Thalassemia Movement adalah para penyintas dan mereka kompak menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga sesuai dengan kondisi masing-masing. Ini adalah pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat: bahwa tidak ada halangan yang tidak dapat diatasi dalam menjalani hidup sehat.

Salah satu penyintas Thalassemia dan bagian dari Thalassemia Movement, Fadel Nooriandi terbiasa hidup dengan aktif. Ia pernah mengalami kondisi kritis dan sempat beberapa lama absen olahraga. 

 "Menjadi penyintas yang bisa rutin olahraga adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa dan sangat baik untuk kesehatan tubuhnya" tutur Fadel. 

Berolahraga itu penting karena mampu meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang baik untuk kinerja otak. Selain itu, olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh, sehingga terbukti olahraga bisa menjadi ‘obat’ untuk mengatasi depresi dan rasa cemas, sebuah kondisi yang sering menyerang mental para penyintas kondisi kronik, imbuh fadel.

Melengkapi keterangannya, Fadel menegaskan bahwa berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk tubuh namun bisa berfungsi sebagai sosialisasi ketika berolahraga di tempat ramai. Olahraga bersama Dash Sports, contohnya, mereka yang biasa mengikuti olahraga di komunitas ini dapat saling bersosialisasi, mendapat teman baru, yang membuat olahraga menjadi menyenangkan.

Dalam rangkaian acara Dash Sports Fest 2023, Thalassemia Movement memiliki stan informasi  interaktif di mana pengunjung dapat belajar tentang Thalassemia, pencegahannya, dan bagaimana mereka dapat mendukung gerakan ini. 

Kontributor: Kinto Rahmat
Editor: Tono RST
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS