Pengenalan Komputer bagi Disabilitas SLB Dharma Wanita Sidoarjo

 

Surabaya, SEMARANG Post - Pelatihan pengenalan perangkat komputer bagi siswa disabilitas SMA kelas XII SLB A-C Dharma Wanita Sidoarjo berlangsung di Laboratorium  Komputer Rumah Inovatif Kominfo-BPSDMP Surabaya pada 20 Februari 2023.

Pelatihan yang diikuti diikuti 13 siswa tersebut, merupakan implentasi kerjasama BPSDMP Surabaya dengan kampus Stikosa-AWS Surabaya, tidak hanya menghadirkan instruktur dari dosen dan mahasiswa Stikosa-AWS, namun juga dikunjungi perwakilan Puslat DPR-RI.

Putri Mardiana (21), siswa kelas XII salah satu peserta pelatihan, yang mengalami Tuna Grahita kategori terlambat belajar (slow learner) mengaku senang dapat mengenal lebih jauh segala macam perangkat komputer, yang selama ini baginya masih awam.

Selain antusias dan motivasinya belajar komputer,  gadis kelahiran Buduran yang  kesehariannya tinggal di panti asuhan Buduran, Sidoarjo tersebut juga memiliki bakat menari. Tari “Kupang Ronjot” (red: tarian tradisional khas Sidoarjo) merupakan prestasi seni pada Putri. 

Tahun 2022 lalu, Putri meraih juara 1 lomba tari tradisional umum kategori berkebutuhan khusus yang diiselenggarakan Sanggar Tari Sekar lestari bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. 

Setahun sebelumnya, pada tahun 2021, Tarian Putri masuk 15 besar penampilan terbaik anak berkebutuhan khusus diajang gelar seni tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Batusuki, Kota Batu. (dmpr).

Kontributor: Sasetya Wilutama
Editor: B Rustono
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS