Nokia dan Moratelindo Tingkatkan Jaringan Transmisi Optik untuk Dongkrak Kapasitas di Indonesia

 

Jakarta, SEMARANG Post - Pada 26 Oktober  2022,  Nokia umumkan Moratelindo telah terapkan solusi transmisi optik untuk tingkatkan kapasitas jaringan menjadi 3 terabyte di Jakarta dan 2 terabyte untuk seluruh wilayah lain di Pulau Jawa, memperluas jaringan hingga 24 Tb, yang mencakup lebih dari 52.000 km kabel serat optik di seluruh Indonesia. 

Hasil implementasi telah mulai diterapkan sejak bulan Juni tahun ini, bersamaan dengan interkoneksi lain sebesar 3,2 terabyte ke Singapura yang akan mendorong Moratelindo untuk dapat memberikan peningkatan bandwidth yang lebih baik kepada mitrabisnisnya dengan tetap mempertahankan tarif pelanggan. 

Jaringan transmisi baru juga akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat memonetisasi jaringannya sebagai Network asa Service (NaaS).

Solusi inovatif Nokia akan memungkinkan Moratelindo dapat mengintegrasikan jaringan mereka yang sudah ada dengan modul perangkat versi terbaru, sehingga dapat menghemat pengeluaran CAPEX dan juga akan dapat meningkatkan masa pakai infrastruktur yang terpasang,bahkan akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggannya.

Didukung teknologi optik koheren generasi kelima, yaitu Nokia Photonic Service Engine V (PSE-V), suatu teknologi jaringan transmisi optik modern yang memungkinkan Moratelindo dapat meminimalkan penggunaan ruang sekaligus mampu memenuhi permintaan kapasitas yang terus meningkat. 

Solusi Nokia juga mencakup penggunaan perangkat 1830 Photonic Service Switch (PSS) untuk membantu Moratelindo memaksimalkan jangkauan dan kapasitas jaringan transmisi optik.

"Nokia adalah pemimpin global dalam teknologi transmisi optik dan solusi PSE-V akan memungkinkan kami untuk dapat meningkatkan optik sebagai bisnis utama perusahaan agar efisien secara biaya dan berkelanjutan " tutur Michael McPhail, Chief Technology Officer di PT Mora Telematika Indonesia. 

Dijelaskan oleh Michael McPhail, bahwa modernisasi jaringan optik juga akan memungkinkan pihaknya untuk dapat meningkatkan kapasitas per modulnya sambil menurunkan biaya. Peningkatan penting ini akan semakin mempererat kerjasama pihaknya dengan Nokia dan memungkinkan untuk dapat menjaga keunggulan bersaing dengan lebih meningkatkan kinerja jaringan.

KP Goh, Presiden Direktur Nokia Indonesia, mengatakan bahwa Solusi optiknya adalah yang terdepan dalam industri ini dan akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat menggandakan kapasitas tanpa harus menanggung banyak beban tambahan. 

"Moratelindo akan dapat menggunakan perangkat jaringan yang sudah ada terintegrasi dengan modul generasi terbaru sehingga akan dapat memangkas investasi sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Solusi Nokia memastikan integrasi yang mulus mulai dari jaringan terestrial sampai dengan jarngan bawah laut sehingga hal ini akan dapat menyederhanakan proses manajemen operasinya." jelas KP Goh.


Kontributor: Asep Budiman
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama