PermataBank Luluskan 10 Fotografer Muda


Jakarta, SEMARANG Post – Setelah selenggarakan serangkaian acara daring sejak bulan Mei, Permata Youth Photostory (PYP) yang berlangsung sejak 17 Mei 2022 akhirnya pada acara puncaknya hadirkan karya 10 FotograferMuda dalam pameran foto bertema JOURNEY. 

Tujuan program tersebut, memberikan bekal dan nilai tambah bagi generasi muda yang masih menempuh studi, belum memasuki dunia kerja, atau tertarik menjadi fotografer juga pewarta foto melalui ilmu dan pengetahuan fotografi praktis. 

Edisi perdana PYP dimulai dengan seri webinar untuk publik, khususnya generasi muda dengan menghadirkan praktisi fotografi yang menyampaikan topik beragam terkait ekosistem fotografi. 

Selanjutnya, PYP membuka kesempatan bagi 10 FotograferMuda untuk mendapatkan grant dan mengikuti pelatihan fotografi dan visual storytelling.

Menyambut kelulusan angkatan pertama PYP dan pembukaan pameran fotoRichele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBankmengungkapkan,

“Strategi pengembangan sumber daya manusia di Indonesia ingin melibatkan unsur mahasiswa atau pelajar di dalam kegiatan bekerja sehari-hari dan ini ditunjukan dengan berbagai macam program yang diluncurkan pemerintah. Program PYP adalah sebagai salah satu upaya PermataBank sebagai pihak swasta untuk melaksanakan hal tersebut memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk merasakan bagaimana dunia kerja itu melalui bidang kreatif seperti fotografi. Kami sangat senangdengan terselenggaranya PYP edisi perdana yang melanjutkan perjalanan 11 tahun Permata PhotoJournalist Grant (PPG) sebagai wujud komitmen PermataBank memajukan edukasi nasional, dalam hal ini foto jurnalistik, telah membawa PPG menjadi salah satu program pelatihan dan penghargaan foto jurnalistik paling bergengsi di Indonesia”.

Sepuluh peserta terpilih dari 133 aplikasi yang datang dari berbagai kota di Indonesia, diseleksi oleh Abriansyah Liberto, Muhammad Fadli, dan Ng Swan Ti. Mereka telah mendapatkan grant dan mengikuti sesi kelas daring selama 16 Juni-21 Juli 2022 bersama mentor-mentor PannaFoto dan Alumni PPG, antara lain Arum Dayu, Fernando Randy, Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter. 

Tema Permata Youth Photostory pada edisi perdana adalah JOURNEY,  yang dimaknai suatu fase dalam kehidupan generasi muda yang disampaikan dalam format foto cerita. 

Sepuluh peserta menafsirkan tema dari perspektif masing-masing untuk mengajak pembaca memahami apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh mereka sebagai generasi muda.

Sejalan dengan relaksasi keadaan pandemi saat ini, seluruh karya lulusan PYP pertama ini ditampilkan bagi publik melalui pameran di World Trade Center 2, Lobby Area dari 1-30 September 2022, yang dikurasi oleh Fernando Randy bersama Yoppy Pieter. Sebelumnya, 10 lulusan PYP telah mengikuti acara “Graduation Ceremony and Artist Talk” yang secara daring pada 25 Agustus lalu. Mereka menyampaikan foto cerita beserta proses kreatif selama pembuatannya.

Berikut 10 Fotografer Muda finalis PYP 2022:

  1. Alfian Romli (Mataram).
  2. Audrey Kayla (Jakarta)
  3. Bahiroh Adilah (Jember)
  4. Febby Andriyani(Banda Aceh)
  5. Griselda Mahissa(Jakarta)
  6. Kintani Khairunnisa (Brebes)
  7. Kurnia Ngayuga Wibowo (Cirebon)
  8. Reza Saifullah(Bogor)
  9. Vickram Sombu (Kupang)
  10. Zamzami Mutamim (Jakarta)

Untuk melihat seluruh karya PYP dan informasi program kedepannya dapat mengunjungi: www.permata-photojournalistgrant.orgdan IG PermataPhotojournalistGrant.


Kontributor: Shanty Soekowati
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama