FIK Unnes Gelar Pelatihan Dasar NPC Guru PJOK di Kabupaten Banjarnegara


Bajarnegara, SEMARANG Post - Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerjasama dengan KKG PJOK Kabupaten Banjarnegara diselenggarakan dalam bentuk Sosialisasi Pelatihan Dasar National Paralympics Committee (NPC) bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2022 di Aula Pertemuan Rumah Makan Ayam Sako,  Kalipalet Banjarnegara dibuka secara resmi oleh Slamet Sugiyanto, M.Pd, Selaku Ketua KKG PJOK SD  Kabupaten Banjarnegara dengan narasumber Pelatih PPLOP Difabel Atletik Jawa Tengah, Rahmat Sugandi, S.Pd.

Pelatihan diikuti oleh semua perwakilan Guru PJOK Setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Banjarnegara dan pelatih Atletik. 

Para peserta pelatihan mendapatkan materi Sosialisasi Pelatihan Dasar National Paralympics Committee (NPC) bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Pelatih Atletik yang meliputi:

  1. Sosialisasi Organisasi National Paralypic Committee of Indonesia.
  2. Jenis disabilitas yang dapat di latih.
  3. Kegiatan olahraga dalam NPC dan cabor yang dipertandingkan.
  4. Pemberian penghargaan oleh pemerintah.
  5. Cara melatih Tuna Daksa.
  6. Cara melatih Cereblal Palsy.
  7. Cara melatihKelas Kaki.
  8. Cara melatih Tuna Grahita.
  9. Cara melatih Tuna Netra.
  10. Identifikasi dan Pembuatan Program

Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut diharapkan guru PJOK/pelatih olahraga di  Kabupaten Banjarnegara, selain  memperoleh informasi dan pengetahuan tentang NPC juga bisa lebih memaksimalkan penggalian potensi atau bibit olahragawan Paralympian di daerah untuk memperkuat olahraga prestasi Paralympian bangsa Indonesia di dunia Internasional.

Terlibat sebagai tim pengabdian masyarakat FIK UNNES pada kegiatan tersebut adalah, Sobihin, S.Pd.,M.Pd. Selaku Ketua Pelaksana dan beranggotakan Adiska Rani Ditya Candra, S.Pd., M. Pd., Priyanto,S.Pd., M.Pd., Rizam Ahada Nur Ulinnuha, S.Pd., M.Pd.serta mahasiswa PKO FIK UNNES.


Kontributor: Sobihin, S.Pd.,M.Pd.
Editor: B. Rustono
Lebih baru Lebih lama