Stronger To Victory Genjot Sport Tourism

Foto/Doc: jateng.antaranews.com

Semarang, SEMARANG Post - Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengatakan ajang Borobudur Marathon yang akan dilaksanakan pada 12-13 November 2022 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, menjadi pemacu kebangkitan ekonomi dan wisata sekaligus sebagai ruang kaderisasi atlet lari jarak jauh tingkat lokal maupun nasional.

"Tentunya ini merupakan event yang ditunggu, menjadi usaha kita bersama-sama untuk menyehatkan tidak hanya raga, tapi menyehatkan kembali ekonomi, sosial, termasuk interaksi sosial pelari dengan masyarakat," ucap Ganjar saat peluncuran Borobudur Marathon Menyapa di Kantor Pusat Bank Jateng, Semarang. 

Seperti dilansir dari laman jateng.antaranews.com, Borobudur Marathon tahun ini usung tema Stronger to Victory atau menjadi lebih kuat untuk maju menuju kemenangan dan merupakan lanjutan dari tema di tahun sebelumnya yaitu Symphony of Energy atau kesatuan energi untuk terus bergerak maju.

Jumlah target peserta ajang yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 adalah sebanyak 5.000 orang peserta.

"Mudah-mudahan nanti peserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat, ya hari ini kuantitasnya bertambah. Mudah-mudahan target 5.000 peserta bisa tercapai," kata Ganjar didampingi Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Pada kesempatan itu Ganjar menyebut sport tourism pada Borobudur Marathon juga menjadi ruang bagi daerah wisata untuk mengembangkan sektor pariwisata yang didukung sektor ekonomi dengan menggandeng pelaku-pelaku UMKM di sekitar Candi Borobudur.

"Sport tourism kita genjot, partisipasi masyarakat termasuk UMKM juga kita libatkan sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan perekonomian kita," ujarnya.

Terkait dengan kaderisasi atlet lari jarak jauh, Ganjar mencontohkan peraih medali emas bagi Indonesia di SEA Games 2022 di Vietnam merupakan juara dari Borobudur Marathon sebelumnya.

"Jadi kita berikan ruang kepada para atlet untuk bisa berlari dan berkompetisi dengan kelas internasional. Bisa jadi ajang menguji diri, mudah-mudahan nanti yang pelari internasional juga akan banyak," imbuhnya.

Borobudur Marathon Elite Race 2022 akan digelar pada 12 November 2022, dimana sebanyak 55 atlet elite akan berlaga di rute sejauh 42,195 kilometer.

Pada pelaksanaan Borobudur Marathon hari kedua atau 13 November 2022, pelari yang telah terdaftar dalam Bank Jateng Tilik Candi akan berlomba di rute 21,097 kilometer.

Akhir dari rangkaian kegiatan akan ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run atau lari bersama sejauh 3 kilometer yang akan diikuti oleh 1.000 warga.

Segala infomasi mengenai aplikasi dan pembukaan pendaftaran dapat diikuti melalui sosial media Instagram @borobudur.marathon dan website www.borobudurmarathon.com.


Sumber: Antara
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS