Notification

×

Iklan

Iklan

Vaksin Booster Di Kota Semarang Prioritaskan Lansia Dan Kelompok Rentan

Kamis, 13 Januari 2022 Last Updated 2022-01-14T05:33:08Z

Foto/Doc: Ilustrasi

Semarang, SEMARANG Post - Masyarakat di Kota Semarang, Jawa Tengah sudah bisa daftarkan diri untuk dapatkan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ke-3, mulai Rabu, 12 Januari 2022. 


Vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster sebenarnya dapat diikuti  masyarakat umum, namun pelaksanaannya masih diprioritaskan untuk lansia dan kelompok rentan yang sudah lebih dari 6 bulan setelah menerima vaksinasi dosis kedua, demikian pengumuman Dinkes Kota Semarang di akun instagram resminya.


Masyarakat rentan yang jadi salah satu prioritas vaksinasi booster berasal dari kategori usia 18 tahun ke atas. Sesuai info Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kelompok rentan adalah penderita imunokompromais.


“Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 dan termasuk varian-varian barunya,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.


Kemudian untuk jenis vaksin booster Kota Semarang yang diberikan antara lain sebagai berikut:
  • Astra Zeneca sebanyak 0,25 ml untuk masyarakat yang meneriman dosis 1 dan 2 sinovac.
  • Pfizer sebanyak 0,15 ml untuk masyarakat yang menerima dosis 1 dan 2 sinovac
  • Moderna untuk masyarakat yang menerima dosis 1 dan 2 Astrazeneca.


Lima syarat untuk mendaftar ikut vaksinasi booster di Kota Semarang seperti diumumkan Dinkes Kota Semarang adalah : 


  • Sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.
  • Membawa fotokopi KTP/KK saat menjalani vaksinasi booster 
  • Menunjukkan sertifikat vaksin/kartu vaksin dosis ke-2 saat vaksinasi booster 
  • Sudah memiliki e-tiket booster di aplikasi PeduliLindungi Daftar vaksin booster di victori.semarangkota.go.id untuk menyesuaikan dengan kuota harian. 


Pengecekan e-tiket bisa dilakukan di laman atau aplikasi PeduliLindungi. Kelompok sasaran prioritas akan otomatis mendapatkan e-tiket di Pedulilindungi. Adapun pendaftaran dan pengecekan info jadwal maupun lokasi vaksinasi booster di Kota Semarang bisa diakses via laman victori.semarangkota.go.id


Sumber:tirto.id,ayosemarang.com
Editor: Anast