Elly Kasim Sosok Inspiratif Pelaku Ekonomi Kreatif

Foto/Doc: klikkoran.com

Jakarta, SEMARANG Post - Wafatnya penyanyi legendaris, Elly Kasim pada Rabu 25 Agustus 2021 lalu duka bagi industri musik nasional,  tidak terkecuali Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.


Lewat akun instagramnya, @sandiuno pada Rabu (25/8/2021), Sandiaga Uno mengabarkan kepulangan perempuan kelahiran Sumatera Barat, 27 September 1944 itu.


Dalam postingannya, Sandiaga Uno mengunggah sebuah video berisi momen ketika dirinya dan istri, Nur Asia bertemu dengan Elly Kasim.


Ketika itu, dirinya diberikan dua buah piringan hitam oleh Elly Kasim. Dalam kesempatan tersebut, Elly Kasim pun menyanyikan sebuah lagu berjudul 'Kudaku Lari'.


Lagu yang sangat terkenal pada era tahun 1950-an itu dinyanyikan dengan penuh semangat oleh Elly Kasim.  


Sembari tersenyum dan memamerkan piringan hitam berisi karya-karyanya, Elly Kasim mengajak Sandiaga Uno untuk ikut bersenandung.


"Larilah hai kudaku, Larilah ayo lari, Majulah ayo maju, Wahai kudaku lari ayo lari, Jika kau lari kencang, Rasa hatiku senang, Kawan-kawan riang, ah," senandung Elly Kasim. 


Usai bersenandung, Elly pun membubuhkan tanda tangannya pada sampul kedua piringan hitam.


Kenangan setahun lalu itu diungkapkan Sandiaga Uno masih jelas diingatnya.


Diusianya yang menginjak 75 tahun, Elly Kasim diungkapkannya masih sangat bersemangat untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman.


Terlebih mengenai kiat sukses penyanyi Minang itu dalam membangun usaha wedding organizer yang membuka banyak lapangan kerja.  


"Selamat jalan Bunda @ellykasim.ek, penyanyi legendaris dan juga seorang pengusaha yang banyak menciptakan LAPANGAN KERJA melalui karya-karyanya," tulis Sandiaga Uno.


"Tahun lalu, qodarullah saya dan Mama @nurasiauno masih bisa bersillaturahmi, berdiskusi dan berbagi pengalaman beliau dalam mengelola usahanya yang juga bagian dari industri kreatif," tambahnya.


Dirinya berharap, Elly Kasim dapat terus menginspirasi kalangan muda untuk mengembangkan bakat dan merintis usaha, Khususnya melestarikan budaya Minang.


"Semoga warisan beliau untuk melestarikan budaya dan adat minang dapat diteruskan oleh anak-anak muda," ungkap Sandiaga Uno.


"Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah. Allahummaghfirlaha warhamha wa 'afiha wa'fu anha," tutupnya mendoakan.


Sementara, organisasi perantau Minang atau disebut Minang Diaspora Network Global (MDNG) juga mengabarkan berita duka atas meninggalnya Elly Kasim yang merupakan anggotanya.


“Inna lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Atas nama Keluarga Besar Minang Diaspora Network-Global turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah Uni Elly Kasim Artis Legendaris Kebanggaan Masyarakat Minang Sedunia pada Rabu tanggal 25 Agustus 2021,” kata Dino Patti Djalal Presiden MDNG dikutip Kompas.com pada Rabu (25/8/2021).


Pihak Minang Diaspora Network Global (MDNG) memohon doa agar segala dosa mendiang Elly Kasim diampuni Tuhan.  MDNG juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan mendiang Elly Kasim diberi ketabahan.


“Semoga diampuni dosa dosanya, diterima amal ibadahnya, diberi tempat yang mulia disisiNya dan semoga Keluarga Beliau diberi kesabaran, ketabahan dan keikhlasan Aamiin YRA,” tutur MDNG.


Sebagai penyanyi yang sering membawakan lagu-lagu Minang hingga kini Elly Kasim telah merilis kurang lebih 100 album solo.


Elly Kasim, juga sibuk mengurusi wedding organizer khusus adat Minang dengan label Elly Kasim Collection. Dalam akun Instagram-nya ia terlibat dalam sejumlah pernikahan artis Tanah Air.


Selain pernikahan Nikita Willy, ia juga terlibat dalam prewedding Atta - Aurel, hingga yang terakhir ikut mempersiapkan Pelaminan Malapeh Bujang dan Malam Bainai Lesti Kejora - Rizky Billar.


Kontributor: Lukman Hakim
Editor: Iwan
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS