Cara Mudah Nikmati Gerhana Bulan Total "Supermoon" 26 Mei 2021


Supermoon, fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) bisa diamati masyarakat Indonesia pada Rabu 26 Mei 2021. Gerhana Bulan Total (GBT) kali ini bertepatan dengan bulan berada pada titik terdekat dengan bumi atau perigee sehingga gerhana kali ini disebut juga sebagai Supermoon. 


"Siapapun bisa menikmati gerhana bulan total tersebut," ujar peneliti Observatorium Bosscha, Agus Triono pada Sabtu 22 Mei 2021. (Sumber: Kompas)


Lalu bagaimana caranya ? Agus Triono menjelaskan, Pertama, pastikan area amatan tidak terhalang apapun, seperti gedung, pohon, ataupun lainnya. 



Kedua, faktor cuaca, faktor ini diluar kemampuan manusia. Bila cuaca bagus dan mendukung, maka Supermoon Rabu nanti bisa dinikmati dengan jelas. Sebab dilihat dari artinya saja, gerhana bulan total merupakan cahaya purnama yang terang benderang. Sehingga dengan mata telanjang pun akan terlihat perbedaannya dengan bulan biasa. Apalagi para Rabu nanti, bulan akan berada pada titik terdekat, sehingga ukurannya terlihat lebih besar. 


Ketiga, bagi yang ingin mengabadikan fenomena ini, bisa menggunakan kamera DSLR ataupun binokular. Tergantung dari seberapa besar zoom kamera yang diharapkan. 


Nah, buat kamu yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya, gerhana akan dimulai pada pukul 15:48 WIB dan akan masuk menuju fase totalitas pada pukul 18:19 WIB saat Bulan baru terbit di Timur. "Kita dapat menyaksikan proses gerhana hingga selesai pada pukul 20:50 WIB," jelas Agus Triono.


Pewarta: Wahyu, Reni Susanti
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS